Assagaf Buka Pertemuan Advokasi Program Pengendalian Tuberkulosis

Suasana pembukaan pertemuan Advokasi Pengendalian Tuberkulosis/ist Turuyan,  Manadotopnewscom - Sekretaris daerah (Sekda) Bolaang Mong...

Suasana pembukaan pertemuan Advokasi Pengendalian Tuberkulosis/ist


Turuyan,  Manadotopnewscom - Sekretaris daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ir Hi Muhammad Assagaf dengan resmi membuka pertemuan advokasi program pengendalian tuberkulosis tingkat kabupaten tahun 2017 di ruang rapat Dinas kesehatan Senin (19/09).

Dalam sambutannya, panglima ASN Pemerintah kabupaten (Pemkab) Boltim ini mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dikarenakan daerah Boltim menjadi prioritas untuk kasus penyakit menular yakni Tuberkulosis atau yang sering dikatakan sebagai TB.

Untuk itu, kegiatan ini agar secepatnya ditindaklanjuti hingga ke sekolah se Boltim. Hal ini perlu dilakukan mengingat ada seorang guru di Boltim yang terindikasi mengidap penyakit ini.

"Kita akan mengumpulkan seluruh kepala sekolah untuk memberikan bekal pengetahuan bagaimana cara mendeteksi penderita TB," ungkapnya.

Lanjut, Sekda meminta dengan tegas bagi instansi terkait dalam hal ini dinas kesehatan bersama Bappelitbangdal untuk mempersiapkan program Rencana Aksi Daerah (RAD) ditahun 2018 mendatang. Tujuannya untuk menangani penderita penyakit ini secara langsung. Pasalnya, hingga saat ini Boltim satu-satunya daerah se Provinsi yang belum membuat RAD.

"Dalam RAD tersebut terdiri dari Sosialisasi, Inventarisasi dan Aksi. Dan saya berharap nantinya, program ini harus disusun dengan sebaik-baiknya. Sebab, dari pihak dinas kesehatan provinsi siap mendampingi dan membantu rencana kerja ini," tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Eko Rujadi Marsidi SKM ME mengatakan bahwa kegiatan ini bersifat penting, guna menekan  kasus pengidap penyakit menular ini. Untuk itu, ia berharap agar seluruh satu kerja hingga ketingkat kecamatan dan desa dapat bersinergi memaksimalkan implementasi dari kegiatan ini.

"Di tahun 2016 Indonesia adalah negara ke 2 terbanyak penderita penyakit TB sesudah india. Parahnya, hasil perhitungan seluruh puskesmas se indonesia data penderita tersebut hanya kurang lebih sekitar 30%. Jadi dapat disimpulkan bahwa, hasil presentasi yang ada, penderita penyakit ini masih akan terus bertambah termasuk di daerah Boltim," ujarnya.

"Maka, kami berharap agar kiranya apa yang disampaikan dari pihak pemerintah provinsi mulai dari langkah-langkah pendeteksian serta penanganan lanjutan bagi para penderita, dapat dilakukan secara maksimal sesuai dengan tata cara yang sudah dijelaskan," tambah Eko.

Diketahui, pada kegiatan tersebut turut dihadiri perwakilan dari Dinas kesehatan provinsi Sulawesi utara yang menjadi pemateri pada kegiatan ini, seluruh Camat dan Kepala Puskesmas (Kapus) serta sekretaris BAPPELITBANGDAL juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan Satuan kerja Pemkab Boltim lainnya.
(Matt/Rey)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Assagaf Buka Pertemuan Advokasi Program Pengendalian Tuberkulosis
Assagaf Buka Pertemuan Advokasi Program Pengendalian Tuberkulosis
https://2.bp.blogspot.com/-LxOSIr8Jijs/WcBVZ49w8QI/AAAAAAAACbU/PGP8hAhmxmEx6AEhz6TMd3sacf-wjaRogCLcBGAs/s320/IMG-20170919-WA0000.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-LxOSIr8Jijs/WcBVZ49w8QI/AAAAAAAACbU/PGP8hAhmxmEx6AEhz6TMd3sacf-wjaRogCLcBGAs/s72-c/IMG-20170919-WA0000.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2017/09/assagaf-buka-pertemuan-advokasi-program.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2017/09/assagaf-buka-pertemuan-advokasi-program.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy