Melihat Dari Dekat Keistimewaan Pulau Racun di Boltim

Pulau Racun Boltim/ist Kotabunan, Manadotopnews.com - Pulau Racun adalah pulau satu satunya di bumi Totabuan Sebelah Timur, yang  Ter...

Pulau Racun Boltim/ist

Kotabunan, Manadotopnews.com - Pulau Racun adalah pulau satu satunya di bumi Totabuan Sebelah Timur, yang  Terletak Di antara Desa Bulawan dan Desa Buyat  Kecamatan  Kotabunan.

Meski namanya sangat menyeramkan, namun pulau ini memiliki keistimewaan. Pulau Racun  menjadi perbincangan masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sekarang ini. Pasalnya, pulau yang terletak diantara Boltim dan Minahasa Tenggara (Mitra) ini, banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengapa dinamakan pulau Racun.

Apa sebab dinamakan Pulau Racun ?

Menurut Mantan Sangadi (Kepala Desa) Kotabunan HT Potabuga (73), pulau yang berukuran sekitar 90 meter dan  lebar 40 meter ini,  dinamakan pulau Racun, karena dulunya menjadi tempat pembuangan atau pengasingan mereka yang memiliki ilmu hitam.

"kata Pulau Racun ini diambil dari bahasa Mongondow yaitu LIBUTON PONGGAING yang artinya Pulau Racun,"ujar HT Potabuga.

Nini Abdullah (45), warga Kotabunan, mengatakan, nenek moyangnya perna bercerita,   pada waktu Perang Semesta (Permesta)1957, banyak orang yang memiliki ilmu hitam, dibunuh di pulau yang tidak berpenghuni itu (pulau Racun-red).

Kata Dia,  pada waktu itu (Zaman  (Permesta), orang-orang yang memiliki ilmu hitam atau belajar ilmu hitam,  di eksekusi di pulau tersebut. "Cerita ini almarhum nenek saya K. Damopolii (92)  yang menceritaan," ucap Nini Abdullah.

Untuk mencapai pulau Racun, Dari Desa Bulawan   Boltim, butuh 10 hingga 15 menit menggunakan  mesin  katinting.

Saat musim kemarau, pohon -pohon yang tumbuh di pulau ini menggugurkan daunnya, namun  tidak perna mati,  padahal tanamannya tumbuh diatas tanah bercampur bebatuan besar.

"Di bawah pulau ini ada gua besar  dimana gua tersebut perna didatangi para penyelam mancanegara" tutur Efendi Wakid (52) warga Bulawan.

Disekitar pulau Racun,  bagi orang-orang yang hobi memacing sangat pas karena banyak sekali ikan ikan besar yang berseliweran  disana. mulai dari ukuran kecil sampai berukuran  raksasa.


Pulau Racun Boltim/ist


"Jika cuaca bagus, warga sering datang memancing. ikan yang mereka dapat,ada ikan Kuwe (Bobara), Kerapu (Goropa), serta ikan besar seperti Gorango paling banyak dijumpai," ujar Juma Mokoagow (46)Nelayan asal Desa Bulawan.

Konon, dipulau racun setiap pukul 18.00 wita, ribuan burung menghiasi pepohonan di sekitar pulau. warga setempat kerap melihat burung bangau, dan burung ikan,   masyarakat Bulawan menyebut  burung ikan adalah burung Cakalang. pada pagi hari, kawanan  burung-burung Bangau dan  burung Cakalang sudah tidak ada, tapi pada waktu yang sama,mereka kembali lagi ke pulau Racun.

Dibagian tepi pulau Racun, langsung berbatasan dengan laut curam, tidak ada pantai sama sekali. bagi para penyelam, hal ini menjadi sensasi menantang.

menurut para GUIDE, berkunjung ke pulau racun adalah antara Bulan Mei dan Desember. waktu menyelam terbaik antara pukul 07.00-1100 wita.

Pada Bulan Mei dan Desember, pulau racun kondisi perairan lebih tenang. jika sedang beruntung, penyelam bisa melihat ikan Hiu, ikan Pari, dan bahkan  ikan Paus.

Bagi penyelam profesional, tidak lengkap jika belum berkunjung di pulau yang berdekatan dengan pulau Kumeke ini. (Matt/Rey)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Melihat Dari Dekat Keistimewaan Pulau Racun di Boltim
Melihat Dari Dekat Keistimewaan Pulau Racun di Boltim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOAKzddsi5IXfSD4_HctjO37B4IqNJa8VL0vJPERsdbV7klAkuX4RuhM1w_hrdEYu_FvsVUd4BhF3S3ip9lXblouHc074rhiMptljA1ErQU0XcZ9ILcK5-wSL7gXWNTxsGGbYrAUM73kqQ/s320/IMG-20170717-WA0006.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOAKzddsi5IXfSD4_HctjO37B4IqNJa8VL0vJPERsdbV7klAkuX4RuhM1w_hrdEYu_FvsVUd4BhF3S3ip9lXblouHc074rhiMptljA1ErQU0XcZ9ILcK5-wSL7gXWNTxsGGbYrAUM73kqQ/s72-c/IMG-20170717-WA0006.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2017/07/melihat-dari-dekat-keistimewaan-pulau.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2017/07/melihat-dari-dekat-keistimewaan-pulau.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy