Kemenag Manado Larang Wartawan Lakukan Peliputan

Foto Google, Kantor Kemenag Manado Manadotopnews.com - Transparansi dan keterbukaan informasi, tampaknya belum dikedepankan pihak kement...

Foto Google, Kantor Kemenag Manado

Manadotopnews.com - Transparansi dan keterbukaan informasi, tampaknya belum dikedepankan pihak kementrian agama (Kemenag) Manado. Buktinya wartawan yang hendak melakukan tugas jurnalisnya guna mendapatkan perimbangan berita di instansi tersebut dengan tegas dilarang oleh oknum staf dikantor Kemenag Manado.

Sikap yang tidak menyenangkan ini, bermula saat wartawan manadotopnews.com biro Manado yang kesehariannya bertugas meliput di pos pemkot-dekot berusaha mengkonfirmasi ke Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Manado terkait masalah temuan dilapangan soal dugaan pungutan liar yang terjadi di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Bailang yang masih meminta uang komite sebesar Rp. 25.000.

"Pak Kasie sedang ada pertemuan. Anda wartawan mana & mana surat tugas anda. Yah kalau wartawan Pemkot dan Dekot, berarti anda tidak bisa melakukan peliputan disini," ucap salah satu staf yang ada di Seksi Pendidikan Islam Kemenag Manado, kepada wartawan media ini siang tadi. Senin (31/7/2017).

Sementara itu, Agriyanto Reppy wartawan senior di Pemkot Manado sangat menyayangkan hal ini. Pasalnya upaya pelarangan tersebut sangatlah tidak beralasan Sebab, tindakan tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Pers.

"Pelarangan tersebut sangatlah tidak beralasan Sebab bertentangan dengan Undang-Undang Pers". Ujar Anto sapaan akrabnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pelarangan tersebut sama saja dengan menghalangi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar dan akurat dari Kemenag Manado. Dan tindakan itu dinilai mengancam kebebasan pers.

"Mereka harus ingat dengan Pasal 18 Undang-Undang RI No.40 tahun 1999 tentang Pers. Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi yang sedang bekerja dipidana dengan pidana penjara selama 2 tahun dan denda Rp. 500 juta," Jelas Anto sembari meminta Kepala Kemenag Manado mewarning semua stafnya agar lebih bisa bekerja sama dengan wartawan dalam melakukan peliputan di Instansi mereka.

"Saya harap Kepala Kemenag Manado segera mewarning semua stafnya agar lebih bisa bekerja sama dengan wartawan dalam hal keterbukaan informasi" Tegas Agriyanto Reppy, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Manado terpilih ini.

Untuk diketahui,  Kantor Kementrian Agama Kota Manado saat ini dipimpin oleh H. Rikson Hasanati. (Dany/Shaker)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Kemenag Manado Larang Wartawan Lakukan Peliputan
Kemenag Manado Larang Wartawan Lakukan Peliputan
https://4.bp.blogspot.com/-_NP20ssKxaQ/WX9L2uB2s9I/AAAAAAAAB20/Kiur9hv-WBkD9DGJKZiRWVucsroqVjvoACLcBGAs/s320/kantor-kemenag-manado.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-_NP20ssKxaQ/WX9L2uB2s9I/AAAAAAAAB20/Kiur9hv-WBkD9DGJKZiRWVucsroqVjvoACLcBGAs/s72-c/kantor-kemenag-manado.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2017/07/kemenag-manado-larang-wartawan-lakukan.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2017/07/kemenag-manado-larang-wartawan-lakukan.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy