Momentum Sumpah Pemuda, Tindi: Kaum Muda Jangan Mau Dimanfaatkan Elit Politik

Dialog Publik Jarod Sambut Hari Sumpah Pemuda dengan Menghadirkan Jeverson Petonengan, SH,MH (Ketua KNPI Manado), Sulaiman Mappiasse, Ph....

Dialog Publik Jarod Sambut Hari Sumpah Pemuda dengan Menghadirkan Jeverson Petonengan, SH,MH (Ketua KNPI Manado), Sulaiman Mappiasse, Ph.D (IAIN Manado) dan Jim Robert Tindi (Mantan Ketua PRD Sulawesi Utara)/mtn

Manadotopnews.com - Bertempat di Hotel Aston Manado, Selasa (27/10/2015) Pengurus Jurnalis Online Manado (JAROD) menggelar Dialog Publik dengan menghadirkan Jeverson Petonengan, SH,MH (Ketua KNPI Manado), Sulaiman Mappiasse, Ph.D (IAIN Manado) dan Jim Robert Tindi (Mantan Ketua PRD Sulawesi Utara), masing-masing bertindak selaku Narasumber. Dialog kali ini mengangkat tema ”Peran Pemuda Dalam Menjaga Stabilitas Kamtibmas Jelang Pilkada Sulawesi Utara tahun 2015”, dengan dihadiri sejumlah aktivis mahasiswa dari HMI, KAMMI, pengurus KNPI, pimpinan Ormas dan wartawan online.

Dalam pemaparannya, Ketua KNPI Manado Jeferson Pentonengan SH, MH, mengatakan Peran Pemuda sangatlah penting di negara, sebagaimana perjuangan Bung karno adalah wujud awal perjuangan pemuda di negara ini. untuk itu, Pemuda harus mempersiapkan diri sedini mungkin.

"Pemuda hari ini, Pemimpin Masa Depan" Ucap Jeferson

Lebih lanjut dikatakannya, Pemuda yang hidup dan dibentuk dalam sebuah organisasi ada calon pemimpin dimasa depan. Jangan perna takut ketika kita orang biasa tidak ada latar belakang anak pejabat, walikota, Bupati tapi yakinlah kita bisa bermimpi menjadi seorang pemimpin.

"Yakinlah kita bisa bermimpi menjadi seorang pemimpin bukan karna papa kita siapa" tandas Jeferson yang juga mantan Ketua Senat mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat ini.

Senada dengan Jeferson, Jim R Tindi yang menegaskan sekaligus menantang kaum muda agar lebih banyak berbuat dalam pilkada Sulut ketimbang menjadi ”penonton” dan dimanfaatkan elit berkepentingan. Bagi mantan aktivis mahasiswa 98 ini, fase pergerakan pemuda di Indonesia memiliki alur yang tak bisa dipisahkan dengan generasi muda saat ini yang terlahir atas pergolakan reformasi.

”Pemuda harus mampu menemukan jati dirinya, menjaga idealisme yang dianggapnya benar. Jangan kemudian pemuda terpolarisasi dengan pikiran politik masing-masing yang membuat pemuda tidak bersatu. Patut diakui dalam praktek politik modern peran dan gerakan pemuda ”dihambat” dengan berbagai godaan, terutama adalah terkait dengan materi serta kekuasaan yang membuat lemah gerakan pemuda yang sebenarnya progresif. Memang mewujudkan Kamtibmas tentu tidak terlahir dengan sendiri sehingga penting elemen masyarakat dibebaskan dari adanya konflik dan gesekan sosial,” ucap Tindi.

Sejalan dengan dua pemeteri diatas, Sulaiman Mappiasse, Ph.D akademisi IAIN Manado, menjelaskan bahwa konflik bukanlah hal tabu dan perlu dihindari. Karena menurutnya konflik melahirkan dua hal penting dalam konteks mencari solusi. Konflik disini bukan konflik yang merusak, tapi konflik profesional dimana konflik sebagai stategi yang bermetedologi sehingga konflik itu dapat menuju jalan perubahan.

“Konflik itu harus di manage, ada metodologisnya, sehingga tidak merusak tatanan sosial yang ada. ” Ujar Mappiase.

Untuk itu, lanjutnya lagi, pemuda dalam rangka mengamankan kamtibmas jelang pilkada, harus memahami betul managemen konflik, sehingga bisa mengambil tindakan antisipatif dalam pengamanan jelang pilkada agar tidak menjurus ke arah anarkis.

"Pemuda harus memahami betul managemen konflik agar tidak menjurus ke arah anarkis" tutup Mappiase. (Shaker)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Momentum Sumpah Pemuda, Tindi: Kaum Muda Jangan Mau Dimanfaatkan Elit Politik
Momentum Sumpah Pemuda, Tindi: Kaum Muda Jangan Mau Dimanfaatkan Elit Politik
http://1.bp.blogspot.com/-g8t1bNgXLkk/VjA7bSz5LvI/AAAAAAAAGLo/d9rk8MbU268/s320/tindi-jarod-dialog.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-g8t1bNgXLkk/VjA7bSz5LvI/AAAAAAAAGLo/d9rk8MbU268/s72-c/tindi-jarod-dialog.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2015/10/momentum-sumpah-pemuda-tindi-kaum-muda.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/10/momentum-sumpah-pemuda-tindi-kaum-muda.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy