Program Kartu Sakti Jokowi-JK Mirip Kupon Makanan di AS

  Program Kartu Sehat Jokowi/Ist Manadotopnews.com -Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Jusuf Kalla (JK) t...

 
Program Kartu Sehat Jokowi/Ist
Manadotopnews.com-Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Jusuf Kalla (JK) tengah menyiapkan penyaluran kartu Indonesia sehat, pintar, dan kartu keluarga sejahtera, untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Skenario kartu tersebut akan seperti kupon makanan di Amerika Serikat (AS).

Kartu tersebut tidak bisa diuangkan di luar kebutuhan pokok masyarakat. Misalnya kartu keluarga sejahtera, hanya untuk membeli kebutuhan pangan dan energi, seperti beras dan lauk pauk, serta elpiji.

Begitupun dengan kartu pintar, yang hanya dipergunakan untuk membayar uang sekolah. Kemudian kartu sehat yang bisa digunakan di puskesmas atau rumah sakit.

"Seperti di AS, food voucher (kupon makanan) itu nggak bisa dipakai untuk yang lain kecuali makanan," ungkap Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di kantornya, Jakarta, (30/10)

Kartu ini juga lebih terawasi penggunaannya. Meskipun perlu ada pengenalan teknologi kepada masyarakat.

"Conditional cash transfer itu paling bagus. Jadi kalau bisa mendapatkan cash (uang tunai), apabila anaknya sekolah dengan benar. Kalau ada ibu hamil itu bisa cek dengan rutin ke puskesmas," terangnya.

Pemerintah juga tidak perlu mengirimkan uang tunai seperti sebelumnya. Sejalan dengan gerakan nasional non tunai yang sudah diluncurkan beberapa waktu yang lalu. "Kita tidak perlu lagi kirimkan uang tunai. Lama nanti, kalau ini kan lebih cepat," sebut Bambang.

Keluarga yang mendapat kartu ini akan lebih bijak dalam menggunakan uang.

"Keluarga yang menerima itu bisa lebih bijak, maka dibuatkan tabungan dan dengan tabungan itu tidak bisa dibelikan rokok atau pulsa. Harus kepentingan pokok," imbuhnya. (*/dk/sh)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Program Kartu Sakti Jokowi-JK Mirip Kupon Makanan di AS
Program Kartu Sakti Jokowi-JK Mirip Kupon Makanan di AS
http://2.bp.blogspot.com/-4tUQrNkOPaY/VFL_AwBPwUI/AAAAAAAACyE/V5bdOzUC_pU/s1600/jokowisehat.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-4tUQrNkOPaY/VFL_AwBPwUI/AAAAAAAACyE/V5bdOzUC_pU/s72-c/jokowisehat.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2014/10/program-kartu-sakti-jokowi-jk-mirip.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/10/program-kartu-sakti-jokowi-jk-mirip.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy