Inilah Kisah Florence, Berawal Insiden Antrean di SPBU Berujung ke Ruang Tahanan

Florence Sihombing Mahasiswi S2 UGM/Ist Manadotopnews.com -Florence Sihombing (26) kini menjadi penghuni ruang tahanan Polda DIY. P...

Florence Sihombing Mahasiswi S2 UGM/Ist
Manadotopnews.com-Florence Sihombing (26) kini menjadi penghuni ruang tahanan Polda DIY. Padahal kasus yang menjerat Mahasiswi S2 Program Studi Kenoktariatan Fakultas Hukum UGM ini berawal dari peristiwa yang sepele: insiden anteran di SPBU.

"Kronologi awalnya, saat yang bersangkutan hendak mengisi BBM di SPBU Lempuyangan. Dia mengambil posisi di antrean mobil tanpa antre di jalur motor dengan cara menyerobot pada antrean pada jalur mobil," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny Sompie, (30/8).

Insiden Antrean SPBU


Pada Rabu (27/8/2014), skitar pukul 14.00 WIB, Florence yang mengendarai kendaraan roda dua tipe matic, hendak mengisi BBM di SPBU Lempuyangan. Namun dia tidak mengantre di line untuk pemotor.

Seperti yang diutarakan Irjen Ronny Sompie tadi, Florence menyerobot antrean para pemobil. Hal tersebut memicu protes dari para pengendara kendaraan roda empat. Petugas SPBU pun menolak melayani Florence.
Florence hendak mengisi BBM di SPBU/Ist
Dari versi Florence, dia mengaku melakukan hal tersebut karena lantaran sedang sakit dan darurat. Florence juga sempat menyampaikan hal yang sama dengan seorang anggota TNI yang saat itu sedang berada di sana.

"Pas di pertengahanya, begitu sampai di depan pompa bensin, saya turun, terus orang-orang pada datang," kata Florence.

Florence juga membantah bahwa dia memotong antrean. Menurutnya, saat itu dia ikut mengantre di jalur mobil.

"Saya menegaskan itu tidak pernah menyerobot atau menyelonong. Kalau menyelonong secara bahasa kita bisa artikan, saat itu sudah berjejer dan menyelinap dari tengah," katanya.

"Sementara saya lihat ini antrean mobil di belakang kosong, terus saya di belakang ada mobil lagi. Terus waktu saya minta dilayani untuk diisikan Pertamax 95, saya nggak dilayani. Saya bilang, 'Pak tolong, saya mau ke rumah sakit'. Saya tidak merayu bapak itu, saya kasih tahu. saya tidak bilang kasihani saya, saya tidak pernah minta dikasihani," ujar Florence.

Bikin Status Makian di Path, Menuai Kecaman

Tak lama kemudian, Florence membuat status di Path, yang berisi hinaan terhadap warga Yogyakarta. Dalam waktu singkat, sejumlah warga Yogyakarta bergerak melakukan aksi demonstrasi mengecam status tersebut.
Kicauan Status Florence Sihombing/Ist
Merespon itu, puluhan warga Yogya menggelar aksi protes di Bundaran kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (28/8/2014). Dalam aksinya, warga membentangkan spanduk bertuliskan, 'Florence Silakan Angkat Kaki dari Jogja', 'Pidanakan Penghina Warga Yogya', 'Aku wong Jogja Ora Trimo, Usir Florence', 'Usir @Florence' dan masih banyak spanduk lainnya.

Dilaporkan ke Polisi


Florence lantas dilaporkan ke polisi, karena memaki dan menghina dengan nada provokatif untuk membenci kelompok masyarakat tertentu.  Atas hinaan tersebut, LSM Jatisura (Jangan Khianati Suara Rakyat) melaporkan mahasiswi bernama Florence Sihombing ke Mapolda DIY, Kamis (28/8/2014).

Pelapor yang juga ketua LSM Jatisura Fajar Riaynto mengatakan, Florence dilaporkan terkait dugaan tindak pidana pencemaran nama baik kelompok masyarakat pasal 27 ayat 3, 28 ayat (2) UU ITE no 11 tahun 2008 Jo pasal 310 dan pasal 311 KUHP. Florence menulis di media sosial 'Path' dengan makian kepada warga Yogyakarta.

"Kita melaporkan status dia di media sosial yang menghina warga Yogya, melecehkan (warga Yogya) menurut saya. Dan ini semua aturannya sudah ada di undang-undang ITE. Kata-kata tersebut mencemarkan nama baik dan mengandung unsur provokasi untuk membenci kelompok tertentu," kata Fajar
Florence Dilaporkan ke Polisi oleh LSM Jatisura/Ist


Ditahan


Florence Sihombing mahasiswi Program Studi Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) ditahan di Polda DIY. Florence ditahan berkaitan kasus pernyataannya di media sosial.

Florence ditahan di ruang tahanan Direktorat Kriminal Khusus (direktorat) Polda DIY, di Ringroad Utara Sleman, Sabtu (30/8/2014) mulai pukul 14.00 WIB.

Sebelum ditahan Florence didampingi pengacaranya Wibowo Malik, SH, LLM datang memenuhi panggilan Polda DIY pada pukul 10.30 WIB. Setelah itu dilakukan pemeriksaan.

Kepolisian memiliki alasan hukum atas langkah yang diambil penyidik. Penyelidikan dan penyidikan tentunya dilakukan karena adanya laporan dari beberapa perwakilan masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam LSM Jatisura. Mereka mengklaim sebagai pihak yang dirugikan atas pernyataan Florence yang diunggah pada 27 Agustus 2014.

"Kata-katanya itu bisa mengakibatkan hal yang tidak baik di tengah masyarakat," kata Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip Soebagyo saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (30/8/2014).

Dari pernyataan yang disampaikan Florence, kata Brigjen Oerip, banyak warga yang marah di media sosial, belum lagi beberapa demonstrasi dilakukan warga di beberapa titik di Yogyakarta.

"Ini berdampak pada situasi di masyarakat," kata Oerip. (*/dk)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Inilah Kisah Florence, Berawal Insiden Antrean di SPBU Berujung ke Ruang Tahanan
Inilah Kisah Florence, Berawal Insiden Antrean di SPBU Berujung ke Ruang Tahanan
http://4.bp.blogspot.com/--zJ-Q8OJ6kI/VAP2vdRd2pI/AAAAAAAAB5E/WYM4Uc9xuLE/s1600/FlorenceSihombing--dok.jpg
http://4.bp.blogspot.com/--zJ-Q8OJ6kI/VAP2vdRd2pI/AAAAAAAAB5E/WYM4Uc9xuLE/s72-c/FlorenceSihombing--dok.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2014/09/inilah-kisah-florence-berawal-insiden.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/09/inilah-kisah-florence-berawal-insiden.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy