SBY Minta Australia Klarifikasi Tuduhan Wikileaks

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono/Ist Manadotopnew.com -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Australia segera mengklarifikasi doku...

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono/Ist
Manadotopnew.com-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Australia segera mengklarifikasi dokumen yang dibocorkan Wikileaks pekan ini. Dalam dokumen soal kasus korupsi produksi uang kertas tersebut, nama SBY dan mantan Presiden Megawati Soekarno Putri disebut-sebut.

Dalam pernyataan persnya di Cikeas, Kamis 31 Juni 2014, SBY mengatakan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa telah berkomunikasi dengan Duta Besar RI di Canberra dan Dubes Australia di Jakarta. Dalam penjelasannya, disebutkan bahwa proses hukum terkait kasus tersebut masih berlangsung di Australia.

"Saya meminta Australia mengeluarkan statement yang terang agar nama baik Megawati dan saya tidak dicemarkan, dan agar tidak mencemarkan nama baik pejabat Indonesia lainnya. Kita ingin dengar langsung dari Australia," kata SBY.

Dia juga meminta agar pemerintahan Tony Abbott mengungkap sejelas mungkin para pejabat yang terlibat, baik di Australia maupun di Indonesia. "Jika ada elemen dari Indonesia misalnya, siapa yang terlibat, tolong dibongkar, ditunjuk dan diusut siapa orang itu. Kalau dianggap melanggar hukum, kasus apa? Kalau memang ada, bekerja samalah dengan KPK Indonesia," lanjut SBY lagi.

SBY juga berharap pemerintah Australia tidak mengeluarkan kebijakan atau pernyataan yang menimbulkan kecurigaan atau tuduhan terhadap pihak luar. Dia menegaskan, pemberantasan korupsi sendiri telah jadi agenda utama pemerintahannya.

"Indonesia sekarang tengah melaksanakan kampanye pemberantasan korupsi yang agresif. Jadi kalau ada yang dianggap terlibat, ungkap dan usut serta proses secara hukum. Yang terpenting, sebutkan siapa," ujar SBY.

Nama Presiden SBY dan Megawati masuk dalam 17 daftar nama yang oleh Mahkamah Agung Australia dilarang dipublikasikan atau diberitakan terkait kasus suap yang melibatkan perusahaan Note Printing Australia (NPA) dan Bank Indonesia dalam mencetak uang pecahan Rp100 ribu.

Selain SBY dan Mega, tercantum juga nama Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan mantan PM Mahathir Muhammad serta para pemimpin Vietnam. MA Australia mengatakan dalam suratnya, hal ini dimaksudkan demi menjaga hubungan baik antara Australia dan negara-negara tersebut. (*/vv)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: SBY Minta Australia Klarifikasi Tuduhan Wikileaks
SBY Minta Australia Klarifikasi Tuduhan Wikileaks
http://1.bp.blogspot.com/-4ZHAQIbo7VE/U9ntmJCuZ-I/AAAAAAAABUc/thx_HJQv9bc/s1600/SBY.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-4ZHAQIbo7VE/U9ntmJCuZ-I/AAAAAAAABUc/thx_HJQv9bc/s72-c/SBY.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2014/07/sby-minta-australia-klarifikasi-tuduhan.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/07/sby-minta-australia-klarifikasi-tuduhan.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy