Jelang Labaran, Pertamina Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Kebutuhan BBM dan LPG

Kebutuhan BBM/Ist Manadotopnews.com -Menjelang arus mudik dan balik Idul Fitri, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Regional IV ...

Kebutuhan BBM/Ist

Manadotopnews.com-Menjelang arus mudik dan balik Idul Fitri, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Regional IV menyiapkan strategi antisipasi lonjakan kebutuhan BBM dan LPG. Nantinya, akan ada sekitar 20 SPBU yang disiapkan di sejumlah titik rawan macet.

General Manager Pertamina Marketing Operation Regional IV Jateng dan DIY, Subagjo Hari Moeljanto mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, titik padat dari permintaan masyarakat akan BBM dan LPG di wilayah Jateng dan DIY akan terjadi pada 10 hari sebelum dan sesudah Lebaran.

"Kita mau antisipasi agar tidak ada kekurangan. LPG meningkat dari tahun ke tahun walau ada pembatasan atau kuota, kita antisipasi kebutuhan Lebaran tercukupi. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir," kata Subagjo di Sakapatat Garden & Resto, Semarang, (16/7) malam.

Antisipasi yang dilakukan Pertamina, lanjut Subagjo, adalah membentuk posko Satuan Tugas (Satgas) untuk memantau secara seksama ketersediaan BBM dan LPG. Kemudian penambahan stok premium sebesar 40% dan solar 5% serta menyediakan pertamax dan dex dalam kemasan di titik-titik yang rawan terjadi macet.

"Membentuk sekitar 20 SPBU Kantong untuk memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki. Yaitu menambah jumlah mobil tangki 20% dari yang digunakan harian. Kita tempatkan standby mobil tangki penuh dengan isinya, yaitu premium untuk antisipasi kemacetan. Nanti ditentukan titik mana saja yang rawan," tandas Subagjo.

"Menambah waktu pelayanan semua terminal BBM dan jika mulai terjadi kemacetan, pengiriman BBM dialihkan malam hari," imbuhnya.

Sementara untuk LPG, dilakukan penambahan stok sebanyak 12% dari kebutuhan normal bulanan atau konsumsi rata-rata normal 67.544,879 MT/bulan atau 22.514.960 tabung. "Kepada agen elpiji serta SPBBE atau SPBE, diinstruksikan tetap buka pada hari libur," tegasnya.

Selain itu, Pertamina juga mengantisipasi persediaan avtur karena dimungkinkan ada extra flight di bandara Ahmad Yani (Semarang), Adi Sutjipto (Yogyakarta), dan Adi Sumarmo (Solo) dengan meningkatkan suplai sebanyak 12%.

"Untuk mengantisipasi extra flight yang kemungkinan terjadi pada H-4 sampai H+4 sebesar 4% per hari dengan menambahkan ritasi mobil tangki avtur," tutur Subagjo.
(*/dk)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Jelang Labaran, Pertamina Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Kebutuhan BBM dan LPG
Jelang Labaran, Pertamina Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Kebutuhan BBM dan LPG
http://1.bp.blogspot.com/-DdSBIiHgWF0/U8dO_3XJVKI/AAAAAAAABBQ/xdjJjzV98tk/s1600/karir-pertamina-2014.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-DdSBIiHgWF0/U8dO_3XJVKI/AAAAAAAABBQ/xdjJjzV98tk/s72-c/karir-pertamina-2014.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2014/07/jelang-labaran-pertamina-siapkan.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/07/jelang-labaran-pertamina-siapkan.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy