Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kemenag Bitung Berlangsung Khidmat

Kakan Kemenag Kota Bitung, Yahya Pasiak menjadi inspektur upacara (Irup) pada upaca peringatan HUT RI ke - 78 Tahun/ist Bitung, ...

Kakan Kemenag Kota Bitung, Yahya Pasiak menjadi inspektur upacara (Irup) pada upaca peringatan HUT RI ke - 78 Tahun/ist

Bitung, manadotopnews.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bitung gelar upacara pengibaran bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Kakan Kemenag Kota Bitung Yahya Pasiak menjadi inspektur upacara (Irup) dalam kegiatan yang dipusatkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Bitung tersebut.

Upacara pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dari pelajar Madrasah Aliyah (MA) Bitung, berlangsung khidmat dan lancar.

Yahya mengatakan, peringatan hari kemerdekaan ini adalah bagian dari cara kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan yang saat ini dirasakan bersama. 

"Ini juga menjadi cara kita berterima kasih kepada para pendahulu yang telah mengukir jasa bagi terbebasnya Indonesia dari cengekraman penjajah hingga bangsa ini berdaulat dan berdikari," ujar Kakan Yahya saat membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Untuk itu, menjadi kewajiban kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kinerja terbaik agar dapat terus melaju menuju Indonesia Maju.

Pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dari pelajar Madrasah Aliyah (MA) Bitung / ist

"78 tahun perjalanan kemerdekaan telah mengantarkan kita pada kemajuan masa kini. Dengan beragam perubahan dan kemajuan digital di era industri 4.0 yang semakin kompetitif, serta bonus demografi akan mencapai puncak di tahun 2030-an, Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045, meraih posisi jadi lima besar kekuatan ekonomi dunia, dan menjadi kunci peningkatan produktivitas nasional kita," paparnya. 

Sebagai kementerian yang mengemban fungsi pendidikan, maka menjadi tugas Kementerian Agama untuk mampu meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia.

"Prestasi para siswa madrasah dan sekolah agama yang telah diraih harus memotivasi kita semua untuk berbuat lebih dalam mempersiapkan penduduk usia produktif yang kompeten menyongsong masa depan dan persaingan global," ujarnya. 

"Capaian yang telah diraih saat ini, tentu tidak bisa dilepaskan dari peran para tokoh agama, ulama, tokoh masyarakat dan pemimpin budaya. Peran para guru dan budayawan juga sangat besar dalam mengantarkan Indonesia pada kemajuan saat ini," sambungnya. 

Sebagai kementerian yang bertanggung jawab dalam merawat harmoni dan kerukunan umat, Kementerian Agama harus berada pada garda terdepan dalam menguatkan semangat toleransi dan koeksistensi untuk bisa hidup bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika. Kita bersyukur Indeks Kerukunan Umat Beragama terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kakan Kemenag Kota Bitung, Yahya Pasiak foto bersama para peserta upacara /ist

"Ikhtiar membumikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Moderasi Beragama harus terus diintensifkan demi terus tumbuhnya komitmen kebangsaan, toleransi, sikap anti kekerasan, dan penghormatan atas budaya dan tradisi," jelasnya. 

Yahya juga mengingatkan, dalam menyongsong tahun politik 
ASN Kementerian Agama, khususnya di Kota Bitung, harus mampu menjadi perekat di tengah perbedaan pilihan masyarakat. Jangan sampai beda pilihan menjadi sebab perpecahan dan mengoyak jalinan silaturahim, persaudaraan, dan persatuan anak bangsa.

"ASN Kementerian Agama harus mampu mewarnai suasana agar Pemilu berlangsung dalam suasana gembira layaknya sebuah pesta yang kita sebut sebagai Pesta Demokrasi," tegasnya. 

Atas itu semua, apresiasi dan ucapan terima kasih kami haturkan. Jas Merah, jangan sampai melupakan sejarah. Di atas darah, keringat, dan semangat juang mereka, negeri ini merdeka dan merajut asa untuk terus meraih kemajuannya. 

"Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia. Mari bersama, terus melaju untuk Indonesia maju! Merdeka, merdeka, merdeka!," tandasnya.

(indra)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kemenag Bitung Berlangsung Khidmat
Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kemenag Bitung Berlangsung Khidmat
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjwRZubSk2OdOblv5IDS8N4ThmzDbBCCOUlvvIhOOL_hDxwyH_0UV6hxD66M4rTj7SjHlKJCyAWWxIUl-z2M8N71reLDFLqYbOcyIXd0wOP6tMhrnrsLm_oaZKWbJfMsZciirAJaM0hjPI9RB7iNS3DeWIkyJbh0Ci2WV3XeP6SAbJffXWhWB97WZMc-wql
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjwRZubSk2OdOblv5IDS8N4ThmzDbBCCOUlvvIhOOL_hDxwyH_0UV6hxD66M4rTj7SjHlKJCyAWWxIUl-z2M8N71reLDFLqYbOcyIXd0wOP6tMhrnrsLm_oaZKWbJfMsZciirAJaM0hjPI9RB7iNS3DeWIkyJbh0Ci2WV3XeP6SAbJffXWhWB97WZMc-wql=s72-c
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2023/08/peringatan-hut-ke-78-kemerdekaan-ri-di.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2023/08/peringatan-hut-ke-78-kemerdekaan-ri-di.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy