Soal Dugaan Penipuan Dana KUR Bank AG, Ini Kata Pihak 'Bapak Angkat'

Ilustrasi Manadotopnews.com - 'Bapak Angkat' atau strategi perbankkan dari Bang Arta Graha (AG) melalui Konsultan Media dan M...

Ilustrasi

Manadotopnews.com - 'Bapak Angkat' atau strategi perbankkan dari Bang Arta Graha (AG) melalui Konsultan Media dan Media Partnernya Ronald Rompas lakukan klarifikasi terkait masalah dugaan penipuan penyaluran dana KUR di Bank AG.

"Untuk wilayah Bolmong, pihak Bank masih akan cek kebenarannya. Laporan dari LAKI jika benar maka kami akan benahi. Soal sanksi itu urusannya Bank AG dengan Bapak Angkat dan untuk sementara wilayah yang bermasalah, KUR-nya dibekukan," jelas Rompas kepada manadotopnews.com, Senin (11/9).

Terkait masalah uang yang sudah terlanjur dicairkan, masyarakat tidak usah khawatir karena angsuran itu tanggung jawabnya bapak angkat. Jadi jika ada yg keberatan dengan angsuran, nanti bapak angkat yang akan berurusan dengan bank, karena tidak mungkin bapak angkat pergi tagih lagi ke masyarakat.

"Pada perjanjian kontrak (PK) kan itu ada asuransi baik itu asuransi kredit maupun asuransi jiwa dan itu berlaku disemua bank yang melakukan kredit," ucapnya.

Lanjutnya, yang sudah cair pada tahun ini sudah 200-an lebih debitur. Plafonnya 25 juta, ada skema pencairan dengan melihat kemampuan mengangsur.

"Misalkan si A, saya melihat dia bisa mengangsur selama sebulan itu hanya 160, nah saya hanya kasih 5 juta. Nah begitu dilihat bagus atau lancar pembayarn kreditnya, saya tambah lagi di tahun berikut. Nantinya si debitur akan tetap menerima total 25 juta, tapi berthap. Dalam tanda tangan kontrak memang 25 juta, namun dalam penyalurannya diatur oleh bapak angkat," lanjutnya.

Ia juga membenarkan untuk anggaran 25 debitur pihak bank mencairkan semuanya ke bapak angkat, nantinya bapak angkat yang akan menyalurkan ke masyarakat dengan melihat kemampuan mengangsur para calon debitur.

"Prosesnya seperti ini, penyalurannya dari bank dulu ke bapak angkat, nanti dia yang menyalurkan ke debitur misalkan ada 25 debitur, nanti dia menilai dari segi  kemampuan usaha calon debitur. Disurvei nantinya dilihat si A hanya mampu mangangsur sekian berarti cair pertama 5 juta, namun dipotong 6 bulan angsuran pertama. Jadi dari 5 juta itu angsurannya 160 ribu per bulan, dipotong 6 bulan pertama, jadi debitur hanya menerima Rp. 4.040.000. Ketika si debitur ini mulai mengangsur di bulan ketujuh sampai tahun pertama lancar, maka dicairkan lagi ditahun ke 2 dan angsurannya naik lagi dari 160 menjadi 320. Bunganya hanya 9% per tahun dan tetap seperti itu,"

Terinformasi, di Bank AG untuk menjadi seorang bapak angkat ada beberapa kriteria yang menjadi patokan bank. Termasuk harus mempunyai asyarakat binaan seperti kelompok tani dan bapak angkat harus mempunyai badan usaha misalkan koperasi dan sebagainya.

Sekedar diketahui, sebelumnya menurut para petani, pihak Bank menjanjikan dana KUR sebesar Rp. 25 juta per orang kepada para petani, namun yang dicairkan hanya Rp. 6 juta dan dipotong Rp. 1 juta untuk uang administrasi. Selain itu juga petani  disuruh membayar Rp. 250 ribu untuk membuka rekening di Bank ini, sedangkan setelah kroscek, untuk buka rekening di Bang AG hanya bayar Rp. 50 ribu. Untu itu para petani mempertanyakan dikemanakan uang Rp. 1 juta dan Rp. 200 ribu untuk membuka rekening.(Dany)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Soal Dugaan Penipuan Dana KUR Bank AG, Ini Kata Pihak 'Bapak Angkat'
Soal Dugaan Penipuan Dana KUR Bank AG, Ini Kata Pihak 'Bapak Angkat'
https://3.bp.blogspot.com/-P31UVilX9g8/Wbi3cxyGVpI/AAAAAAAACYI/fGE7kX_Yx7MilZNPkdr3TQFpAJh-e59-wCLcBGAs/s320/Dana-kur-ilustrasi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-P31UVilX9g8/Wbi3cxyGVpI/AAAAAAAACYI/fGE7kX_Yx7MilZNPkdr3TQFpAJh-e59-wCLcBGAs/s72-c/Dana-kur-ilustrasi.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2017/09/soal-dugaan-penipuan-dana-kur-bank-ag.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2017/09/soal-dugaan-penipuan-dana-kur-bank-ag.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy