Warga Boltim Diserang Penyakit Gatal-Gatal Usai Mandi di Sungai Buyat

Ilustrasi Penyakit Gatal-Gatal Kotabunan,  Manadotopnews.com - Salwia Ali (30)warga Buyat Tengah mendapat gatal-gatal setelah seles...

Ilustrasi Penyakit Gatal-Gatal

Kotabunan,  Manadotopnews.com -
Salwia Ali (30)warga Buyat Tengah mendapat gatal-gatal setelah selesai mandi di Sungai  pada (12/7).

"Saya pulang dari kali langsung dapat gatal-gatal. Pertama pergi biasa saja. Nanti pas pulang dan ganti baju, badan terasa gatal dan timbul bentol-bentol," ucap Salwia Ali di rumahnya, Jumat (13/7).

Ibu yang tinggal di Pantai Bubuan ini berujar, penyakit gatal-gatal sudah biasa ketika mandi di aliran sungai perbatasan antara Kabupaten Mitra dan Boltim itu, tetapi baru kali ini gatalnya sangat Terasa  sekali.

"Saya sudah tidak tahan, karena seluruh badan saya sudah gatal semua dan timbul bentol-bentol besar hingga di kepala," ucapnya.

Karena sudah malam lanjut Dia, dirinya menemui  bidan Rita Tulenan, Untuk diperiksa serta meminta obat.

"Bidan bertanya kepada saya, Apakah tidak salah makan atau minum? Jawab saya,Tidak. Hanya setelah mandi di sungai dekat rumah, pulangnya badan terasa gatal semua," terangnya. 

Dirinya menambahkan, setelah minum obat dan memakai bedak, Gatal sudah mulai berhenti Namun semalan tak bisa tidur apalagi saat ini masih menyusui bayi berumur dua bulan.

"Semalan tidak memberikan ASI kepada anak saya, karena takut terjangkit," katanya.

Bidan Rita Tulenan mengatakan, memang warga Buyat yang gatal-gatal bukan hanya ibu ini, tetapi masih banyak.

"Mereka sering mengeluh ke sini, jika ada gatal-gatal. Diberi obat dan sudah tidak kembali lagi," ujar Rita Tulenan Bidan di Puskesmas Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).


Terpisa, Sangadi Buyat Tengah Irwan Paputungan berujar, warga di situ (Pantai Buyat Bubuan-red)
 sebernarnya sudah dipindakan di rumah tinggal layak huni (RTLH), lokasinya tidak jauh dari permukiman mereka saat ini. Tetapi tidak mau.

"Alasan mereka rumahnya belum selesai dibangun," kata Paputungan.

Soal gatal-gatal, memang air sungai disitu kotor. Akan tetapi masalah tercemar atau tidak belum tahu Karena harus diuji dulu kualitas airnya. Nanti akan dihimbau kepada masyarakat untuk tidak ke sungai dulu.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boltim, Harun Manoppo,  melalui  Kepala Bidang Pengawasan Lingkungan Reza Ani mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dulu dengan pihak puskesmas dan sangadi.

Jika memang penderita terindikasi, karena mandi di sungai tersebut. Maka pemerintah langsung akan mengambil sampel air.

"Kami langsung akan turun lapangan mengecek keadaan penderita serta lingkungan sekitar rumah," kunci Reza.
(Matt/Rey)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Warga Boltim Diserang Penyakit Gatal-Gatal Usai Mandi di Sungai Buyat
Warga Boltim Diserang Penyakit Gatal-Gatal Usai Mandi di Sungai Buyat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgN88mUhyGkoRdfzDjAIqX0JFSnwLTNax_Jm279B1UW3bDo5oq48sQdpY8BJ8q1p_tmt8K6isj_xF9DtQTpwG1dNbFqSb7nI1qGk3pvS8wD-KLLoFB17rsL72DZNzlFgtmSu30spYR5PaYb/s320/images+%25281%2529.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgN88mUhyGkoRdfzDjAIqX0JFSnwLTNax_Jm279B1UW3bDo5oq48sQdpY8BJ8q1p_tmt8K6isj_xF9DtQTpwG1dNbFqSb7nI1qGk3pvS8wD-KLLoFB17rsL72DZNzlFgtmSu30spYR5PaYb/s72-c/images+%25281%2529.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2017/07/warga-boltim-diserang-penyakit-gatal.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2017/07/warga-boltim-diserang-penyakit-gatal.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy