Habi Imban Temukan Lesung Raksasa di Desa Bukaka-Boltim

Nampak Lesung Batu Raksasa di Desa Bukaka, Kec Kotabunan, Boltim/ist Kotabunan, manadotopnews.com - Temuan batu lesung raksasa gegerk...

Nampak Lesung Batu Raksasa di Desa Bukaka, Kec Kotabunan, Boltim/ist


Kotabunan, manadotopnews.com - Temuan batu lesung raksasa gegerkan warga Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Lesung batu raksasa dengan tinggi mencapai 60 cm dan lebarnya 70 cm saat ini pun tengah berada di rumah Habi Imban (70), salah satu warga Desa Bukaka Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Boltim.

Pemerintah Bukaka sendiri telah membagun pondok dari kayu beratap seng yang dibangun disamping rumah Habi Imban guna melindungi batu lesung raksasa tersebut dari hujan dan panas terik matahari.

Jika anda berniat dan penasaran dengan lesung batu raksasa ini, bisa datang mengunakan sepeda motor atau mobil. Jarak dari Tutuyan (ibu kota Kabupaten Boltim) ke desa Bukaka sekitar 45 menit.

Akses menuju ke desa Bukaka melewati, jalannya naik gunung. Jadi perlu kendaraan yang kuat dan baik.
Untuk melewatinya. Memiliki udara dingin ketika sampai di sana.

Habi Imban merupakan orang pertama kali yang menemukan lesung batu raksasa ini.

"Saya menemukan lesung batu ini tahun 2015, sewaktu itu ada pekerjaan membangun BBI (balai benih ikan)," ujar  Habi Imban, Rabu (31/5).

Jarak rumah dan gedung BBI yang akan dibangun dekat, jadi saat itu seorang operator eksavator berteriak, pak coba lihat. Sudah hampir 1 jam batu (lesung batu) ini tidak bisa terangkat dari tanah

"Sayapun mendekat, lalu melihatnya. Ternyata itu adalah lesung terbuat dari batu. Kemudian Saya hanya berdoa meminta kepada indeh Dou untuk diberi izin mengangkat batu ini," kata pria paru baya ini.

Selesai Berdoa, lesung itu terangkat. Operator eksavator langsung memindakannya di samping rumah hingga saat ini. Pernah pemerintah desa Bukaka ingin memindakan ke kantor desa.

"Tetapi pada malamnya Istri saya mendapat mimpi, jika lesung batu ini dipindakan maka akan dapat musibah," ungkapnya.

Kemudian mimpi itu diceritakan kepada Sangadi (Kepala Desa). Maka sejak itu niat untuk pindah ke Kantor desa sudah tidak ada. Menurut Habi setiap malam jumat selalu terdegar suara seperti orang menumbuk sesuatu di lesung batu, kejadian itu hingga sekarang.

Karena sudah biasa dengan bunyi itu, jadi tidak kaget. Adapula mimpi tentang lesung. Agar tidak bisa pindah tangan.

Lesung batu itu sampai sekarang hanya dipakai keluarga kami, untuk menumbuk padi, tepung serta kopi atau lainya. Untuk menubuknya mengunakan kayu dengan panjang 1,5 meter.

Ia menambahkan, kembar dari lesung batu ini masih berada di kebun iloba, desa Bukaka. Jaraknya agak jauh di hutan. Posisinya saat ini miring. Sudah banyak warga di sini. Membuatnya lurus, akan tetapi besok kembali miring lagi.

Sementara Sangadi Bukaka Arfan Ibrahim mengatakan, memang lesung batu ini pernah didatangi Arkelog dari Gorontalo dan Manado.

"Mereka mengatakan bahwa memang benar ini asli terbuat dari batu, oleh orang indeh atau dotu," ujar Sangadi Arfan.

Kata dia, mereka hanya mengambil sampel batu ini dan dicocokan dengan gunung batu tersebut dan hasilnya sama persis. Jadi batu ini memang berasal dari Boltim.
(M/R/K)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Habi Imban Temukan Lesung Raksasa di Desa Bukaka-Boltim
Habi Imban Temukan Lesung Raksasa di Desa Bukaka-Boltim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhodee24giMHpJSqEQy6NgD83G6hqNg9nsxS2jT8e6yU4soPkiCXCU06rldYDE_sFtUMfi4gHZtjWH1D649mWl8PARn6l0Ob_OtNfX9n1af1SvBkrKQIE1qn5QUAfQH8oXosSemQgS2YqRr/s320/IMG-20170601-WA0000.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhodee24giMHpJSqEQy6NgD83G6hqNg9nsxS2jT8e6yU4soPkiCXCU06rldYDE_sFtUMfi4gHZtjWH1D649mWl8PARn6l0Ob_OtNfX9n1af1SvBkrKQIE1qn5QUAfQH8oXosSemQgS2YqRr/s72-c/IMG-20170601-WA0000.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2017/06/habi-imban-temukan-lesung-raksasa-di.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2017/06/habi-imban-temukan-lesung-raksasa-di.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy