HMI Manado: Nama Sam Ratulangi Tinggal "Slogan''

Suasana Dialog Publik HMI Manado/ist Manadotopnews.com - Sejarah itu adalah kita. Langkah pertama menaklukkan suatu bangsa adalah deng...

Suasana Dialog Publik HMI Manado/ist


Manadotopnews.com - Sejarah itu adalah kita. Langkah pertama menaklukkan suatu bangsa adalah dengan merusak ingatannya, lalu perintahkan seseorang untuk menulis buku-buku baru, membangun kebudayaan baru dan menyusun sejarah baru. Tinggal menggantang waktu, bangsa itu akan lupa pada masa kini dan masa lalunya.

Diakaui bahwa banyak Pahlawan di negeri ini yang sengaja dilupakan, bahkan ada juga yang namanya tidak tercantum dalam "takdir" sejarah di negeri ini. Lebih parah lagi, masih banyak pahlawan yang hanya diabadikan namanya semata, tetapi tidak demikian dengan ide-ide brilian mereka dan semangat perjuangan mereka. Salah satunya DR.Gerungan Saul Samuel Jakob Ratulangi, pahlawan nasional asal Sulawesi Utara (Sulut). Meskipun, oleh sejumlah kalangan masih menjadi perdebatan apakah Sam Ratulangi termasuk satu dari sekian pahlawan nasional atau tidak.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Cabang Manado turut prihatin dengan kondisi demikian, terutama pada konteks lokal masyarakat di Sulut yang dinilai telah kehilangan memori tentang pemikiran Sam Ratulangi. Oleh karenanya, melalui Komisariat Sosial Unsrat, (19/11), menggelar Dialog Publik dengan tema "Membumikan Semangat Kebangsaan Sam Ratulangi: Jejak dan Pemikirannya Dalam Konteks Sulut".

Substansi dari tema yang diusung dalam dialog itu, menurut Ketua Umum Komisariat Sosial Resky Daeng, adalah bentuk keperihatinan dia dan jajaran Komisariat di Unsrat. Pasalnya, kampus yang menyandang nama Sam Ratulangi itu tidak sama sekali menanamkan falsafah yang di cetus oleh manusia yang hampir komplit itu, yakni: pertama, Si Tou Timou Tumou Tou’, kedua, Wawasan Sumikola, ketiga, Otonomi Sempurna untuk Bangsa dan Tanah Minahasa, keempat, Republik Indonesia yang berbentuk Federal, dan kelima, Peran Minahasa dan Indonesia di Asia Pasifik.

"Tema yang kami tampilkan saat ini merupakan bentuk prihatin kami selaku mahasiswa/i Unsrat dan juga bagian dari generasi muda Sulut. Karena sosok Sam Ratulangi dan beberapa falsafah yang lahir dari pemikirannya tidak dijadikan pijakan dan batu loncatan dan terkesan hanya "slogan" terutama di kalangan civitas akademik Unsrat. Kampus yang mengabadikan nama Ratulangi,"terang Resky Daeng yang kini terdaftar di jurusan sosiolpgi Fisipol Unsrat.

Dialog yang berlangsung di Lnt.2 Aula Fisipol Unsrat ini panitia menghadirkan empat narasumber yakni, Syarifudin Saafah, ST (Anggota DPRD Manado), DR.Drs.Michael Mamentu, S.sos.Msi (Dosen dan Pembina Badan Tadzkir Fisipol Unsrat), dan Drs.Alex John Ulaen, DEA (Sejarawan Sulut) serta Ketua Umum HMI Cabang Manado Rifaldi Rahalus.

Dalam kesempatan ini, HMI mendapat apresiasi dari salah satu narasumber yakni, Alex John Ulaen. Menurut mantan dosen antropologi Fisip itu, topik mengenai Ratulangi seharusnya bukan diangkat oleh HMI melainkan organisasi intra kampus Unsrat yakni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan jajaran civitas akademik.

"Saya capek sekali, tetapi karena topik dialog ini sangat menarik maka saya harus hadir. Terus terang saya salut kepada HMI atas tema yanh dingkat saat ini. Seharusnya bukan HMI tetapi civitas akademik membicarakan topik ini, sekali lagi saya bangga terhadap HMI. Bravo HMI,"beber Ulaen mengawali pemaparan materinya. (Shaker/Aldi)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: HMI Manado: Nama Sam Ratulangi Tinggal "Slogan''
HMI Manado: Nama Sam Ratulangi Tinggal "Slogan''
https://1.bp.blogspot.com/-XuS4paoOiqQ/WDbIqiKBV1I/AAAAAAAAHjM/5drtYbxVh9ku9KgPAq-lQdPuP5y9dppBwCLcB/s320/dialog-hmi-manado-.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XuS4paoOiqQ/WDbIqiKBV1I/AAAAAAAAHjM/5drtYbxVh9ku9KgPAq-lQdPuP5y9dppBwCLcB/s72-c/dialog-hmi-manado-.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2016/11/hmi-manado-nama-sam-ratulangi-tinggal.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2016/11/hmi-manado-nama-sam-ratulangi-tinggal.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy