Gebyar Ketupat Maasing di Gelar Sabtu

Istimewa Manadotopnews.com - Lebaran ketupat merupakan salah satu hasil akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Islam. Lebaran ketupa...

Istimewa


Manadotopnews.com - Lebaran ketupat merupakan salah satu hasil akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Islam. Lebaran ketupat atau yang dikenal dengan istilah lain syawalan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, Lebaran ketupat disemua daerah yang melaksanakannya, pelaksanaannya sama yaitu pada hari ketujuh setelah Hari Raya Idul Fitri. Lebaran ketupat hanya bisa dijumpai di masyarakat Indonesia dengan tujuan pelaksanaannya sama seperti tujuan berhari Raya Idul Fitri, yaitu saling mema’afkan dan bersilaturahim. Istilah saling mema’afkan ini di kalangan masyarakat Indonesia lebih terkenal dengan sebutan “Halal Bihalal”.

Tradisi lebaran ketupat yang diselenggarakan pada hari ke tujuh bulan syawal juga merupakan tradisi khas Indonesia yang biasa disebut sebagai “hari raya kecil” setelah melakukan puasa syawal selama 6 hari atau puasa kecil dibandingkan dengan Idul Fitri yang didahului puasa Ramadhan selama 1 bulan. Sesuai dengan sunnah nabi, setelah memperingati Idul Fitri, umat Islam disunnahkan puasa selama 6 hari, yang bagi umat Islam di Indonesia kemudian diperingati sebagai Lebaran Ketupat atau Syawalan.


Tak kalah dengan daerah lain, perayaan lebaran Ketupat di Kota Manado juga memiliki ciri khas tersendiri dalam memeriahkan perayaan lebaran ketupat, terutama di daerah Manado Utara yang lebih dominan penduduknya beragama Islam.

Hal ini sebagaimana pertemuan yang dilaksanakan Selasa (21/7) oleh tokoh Agama, tokoh pemuda, pimpinan Ormas dan tokoh masyarakat Kelurahan Maasing Kecamatan Tuminting, Kota Manado yang dipelopori oleh Idham Malewa, Iswadi Amali dan Rustam Hasan, berhasil menentukan beberapa rangkaian kegiatan dalam momentum Hari Raya Ketupat, Sabtu (25/7) nantinya.

Menurut Iswadi, acara akan dirancang secara terbuka, dan melibatkan seluruh Lingkungan di Kelurahan Maasing, tambah Iswadi yang juga alumnus FISPOL Unsrat Manado itu mengatakan kegiatan tersebut ikut mendukung program pemerintah Kota Manado dalam mewujudkan Manado sebagai kota menyenangkan.

”Kegiatan gebyar ketupat ini resmi digelar Sabtu (25/7/2015), rapat Tim Hari Raya Ketupat sudah memutuskan kalau kegiatan yang melibatkan semua Lingkungan di Maasing ini dilakukan secara terbuka, dan dipusatkan di Blok-M, rangkaian acara dimulai pukul 08.00 sampai 18.00. Kegiatan ini juga menopang program pemerintah Kota Manado tentunya dalam hal ikut menjaga ketertiban dan keamanan ditengah masyarakat.Filosofi Ketupat yaitu mengikat dan saling menguatkan, kalau kita bersatu maka tidak mudah masyarakat kita terprovokasi dan muncul hal-hal yang tidak diharapkan, seperti gangguan Kamtibmas. Kita harus menjadi masyarakat cerdas, yang tidak mudah diadu-domba, kami berharap kegiatan ini menumbuhkan rasa persaudaraan diantara kita semua,” ujar Iswadi yang dikenal sebagai pengurus DPD KNPI Sulawesi Utara. (*/st/sh)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Gebyar Ketupat Maasing di Gelar Sabtu
Gebyar Ketupat Maasing di Gelar Sabtu
http://4.bp.blogspot.com/-wYyesCUtPSw/Va6PEc_mSdI/AAAAAAAAF4k/yynqHetB05A/s320/ketupat-lebaran.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-wYyesCUtPSw/Va6PEc_mSdI/AAAAAAAAF4k/yynqHetB05A/s72-c/ketupat-lebaran.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2015/07/gebyar-ketupat-maasing-di-gelar-sabtu.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/07/gebyar-ketupat-maasing-di-gelar-sabtu.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy