Ledis, Yuk' Cegah Kanker Serviks dengan Melakukan Tes IVA

Istimewa Manadotopnews.com - Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit kanker p...

Istimewa


Manadotopnews.com - Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit kanker paling ditakuti oleh kaum wanita, hal itu dikatakan Kadis Kesehatan Provinsi Sulut dr Grace L Punuh MKes, di kantor Gubernur, Senin (29/6).

Kadis kesehatan mengatakan, berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiganya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit tersebut, dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Karena itu Punuh mengajak, warga ayo cegah kanker leher rahim dengan melakukan pemeriksaan IVA mimnimal sekali dalam 5 tahun, pemeriksaan PAP Smer tiap tahun serta pemeriksaan HPV.

IVA menurut Punuh adalah pemeriksaan leher rahim secara visual dengan menggunakan asam cuka, yaitu melihat leher rahim dengan mata telanjang untuk mendeteksi abnormalitas setelah dioles asam cuka.

Penyebab terjadinya penyakit ini, Punuh menjelaskan, diakibatkan tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher rahim, serta 99 persen penyebabnya berasal dari Virus Papiloma Manusia (HPV) dan Bisa terjadi pada perempuan yang telah melakukan hubungan seksual.

Gejalahnya seperti haid tidak normal, pendarahan tidak pada masa haid, pendarahan masa menopause, keputihan atau keluar cairan encer kekuningan darah seperti nanah dan pendarahan pasca berhubungan seks.

Punuh juga menjelaskan beberapa faktor resiko terjadinya penyakit tersebut, yaitu melakukan hubungan seks di usia muda <18 Tahun, gonta ganti pasangan seks, perokok pasif atau perilaku seks tidak sehat, sembari menyebutkan,  tes IVA dapat dilakukan pada bidan desa, pustu, puskesmas, rumah sakit, dan rumah bersalin. Punuh menambahkan krioterapi adalah pengobatan lesi prakanker (IVA+) dengan cara pembekuan untuk menghancurkan sel yang sakit. sangat mudah dan cepat serta dapat dilakukan di Puskesmas. (*)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Ledis, Yuk' Cegah Kanker Serviks dengan Melakukan Tes IVA
Ledis, Yuk' Cegah Kanker Serviks dengan Melakukan Tes IVA
http://3.bp.blogspot.com/-qcn7ozp4vVo/VZFs14loddI/AAAAAAAAF0o/rDOOy8YM5Hg/s1600/sakit-perut.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-qcn7ozp4vVo/VZFs14loddI/AAAAAAAAF0o/rDOOy8YM5Hg/s72-c/sakit-perut.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2015/06/ledis-yuk-cegah-kanker-serviks-dengan.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/06/ledis-yuk-cegah-kanker-serviks-dengan.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy