Rapat Bersama Menteri Agraria, Benny Rhamdani Laporkan Sejumlah Kasus Tanah di Sulut

Gelar Rapat Bersama, Benny Rhamdani Menyerahkan Dokumen Sejumlah Kasus Tanah di Sulut ke Menteri Agraria/Ist Manadotopnews.com - Benn...

Gelar Rapat Bersama, Benny Rhamdani Menyerahkan Dokumen Sejumlah Kasus Tanah di Sulut ke Menteri Agraria/Ist
Manadotopnews.com - Benny Rhamdani selaku Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) dalam rapat dengar pendapat dengan Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan, bertempat di kantor Kementerian Agraria. Rabu (15/4)

Senator asal Sulawesi Utara (Sulut) ini menyampaikan beberapa poin penting terkait dengan sejumlah kasus sengeta tanah di Indonesia yang menurutnya, jika dibiarkan maka persoalan tanah akan membawa dampak merusak keutuhan rakyat, sehingga dirasa perlu adanya regulasi dan sistem tata kelola pertanahan yang lebih bersifat progresif.

“Berbagai sengketa tanah di Republik ini patut mendapat penyelesaian komprehensif dan serius oleh Kementerian Agraria,jika dibiarkan persoalan tanah akan membawa dampak merusak keutuhan rakyat, sehingga dirasa perlu adanya aturan. untuk itu kami perlu melakukan rapat dengar pendapat Komite I DPD RI dengan Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan, sekaligus kami meminta penjelasan Pak Menteri yang berkaitan dengan program dan kebijakan strategis Kementrian. Kemudian juga Komite I memberikan tekanan-tekanan terhadap masalah seperti harus segera di clearkan persoalan tentang kewenangan pemerintah daerah,” ujar Ketua GP Ansor Sulut ini yang kerap disapa BRANI.

Brani menjelaskan pentingnya regulasi dan sistem tata kelola pertanahan yang berpihak kepada masyarakat, bukan keberpihakan kepada pemilik modal, kaum kapitalis seperti yang terjadi dalam kebijakan-kebijakan selama ini, semangat reformasi agraria yang patut diterapkan pemerintahan secara optimal dan tegas.

“reformasi agraria yang dipahami dan dituntut oleh masyarakat selama ini yang berkaitan dengan redestribusi lahan untuk masyarakat yang berkaitan dengan lahan pemukiman dan lahan yang bisa digunakan sebagai lahan perkebunan untuk fungsi ekonomi sebab selama ini mereka belum pernah menerima redestribusi lahan seperti itu,” tukas Brani.

Menurutnya, perlu ada kebijakan yang sifatnya tegas bersifat afirmatif policy dan tidak merugikan masyarakat dalam sektor pertanahan di Indonesia, regulasi yang berkaitan dengan pembatasan luas kepemilikan.

“Jika luas kepemilikan tidak dibatasi, maka pemilik modal, kaum kapitalis, para pemilik uang itu akan menguasai semua tanah-tanah dan lahan di republik kita ini” papar Brani

Hearing tersebut mendapat tanggapan sangat positif dari kementerian Hukum agraria dan bersepakat bahwa Kementerian Hukum Agraria bersama DPD akan melakukan pemberantasan terhadap mafia tanah termasuk penguasaan tanah negara melalui HGO HGB HPL yang selama ini jadi modus operandi para pemilik modal.

Diakhir hearing, Brani menyerahkan seluruh kasus tanah yang ada di Sulawesi Utara kepada Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan.(shaker)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Rapat Bersama Menteri Agraria, Benny Rhamdani Laporkan Sejumlah Kasus Tanah di Sulut
Rapat Bersama Menteri Agraria, Benny Rhamdani Laporkan Sejumlah Kasus Tanah di Sulut
http://4.bp.blogspot.com/-Tjd94aGWNwI/VS91BCSdJ2I/AAAAAAAAFC0/2CJF0Sywi4Y/s1600/serah-terimah-berkas-kasus-tanah.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-Tjd94aGWNwI/VS91BCSdJ2I/AAAAAAAAFC0/2CJF0Sywi4Y/s72-c/serah-terimah-berkas-kasus-tanah.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2015/04/rapat-bersama-menteri-agraria-benny.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/04/rapat-bersama-menteri-agraria-benny.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy