Rupiah Naik-Turun, Pengusaha Harus Amankan Diri Sendiri

Istimewa Manadotopnews.com - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih berlanjut. Belum ada yang dapat ...

Istimewa


Manadotopnews.com - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih berlanjut. Belum ada yang dapat memastikan kapan rupiah bisa menguat lagi atau bahkan justru terus melemah.

Kondisi ini sebenarnya memberikan dampak positif terhadap kalangan dunia usaha. Karena setidaknya pengusaha bisa berhati-hati dalam pengelolaan utang, khususnya utang dalam valuta asing.

"Situasi rupiah penuh dengan volatilitas dan pebisnis harus bisa mengamankan diri sendiri," kata David Sumual, Ekonom PT Bank BCA Tbk dalam diskusi terkait rupiah di Kopitiam, Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (18/3/2015)

Sebab menurutnya, seiring dengan pelemahan rupiah, utang dengan bentuk valas pasti juga akan melonjak tinggi. Akan semakin berat untuk perusahaan yang memiliki pendapatan dalam mata uang rupiah.

"Rupiah melemah, nanti utang pasti akan tambah banyak," ujarnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengusaha agar terhindar dari risiko tersebut. Salah satunya menggunakan skema lindung nilai atau hedging.

"Bila tidak berhati-hati perusahaan bisa semakin terpuruk karena biaya cicilan utang atau saat utang jatuh tempo semakin besar," terangnya

David menambahkan, hal ini sebenarnya juga telah menjadi konsentrasi dari Bank Indonesia (BI). Karena per Oktober 2014 jumlah ULN swasta mencapai US$ 161,3 miliar.

"Karena ekonomi masih dilanda ketidakpastian. Kalau tidak berhati-hati dengan utang luar negeri maka akan bahaya," tegas David.

Di samping itu, terkait dengan paket kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, tidak akan efektif dalam waktu dekat. Baik itu soal insentif pajak untuk perusahaan maupun rencana pembentukan reasuransi.

"Paket kebijakan pemerintah itu bukan jangka pendek, tapi paling tahun depan baru terasa dampaknya," paparnya.

Belum lagi jika nantinya kebijakan terkendala banyak hambatan, sehingga sulit terealisasi. Maka dampaknya pun akan semakin sedikit. David sedikit menyayangkan, karena kebijakan itu seharusnya sudah dari 2 tahun lalu.

"Kan kita sudah seiring dengar itu. Harusnya sudah lama. Tapi yang penting ini dijalankan lebih dulu," tukasnya. (*/dk/sh)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Rupiah Naik-Turun, Pengusaha Harus Amankan Diri Sendiri
Rupiah Naik-Turun, Pengusaha Harus Amankan Diri Sendiri
http://4.bp.blogspot.com/-omKRdetZBME/VQmgcH_gZ1I/AAAAAAAAEpU/szx6rsBwkBE/s1600/duit-naik-turun-rupiah.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-omKRdetZBME/VQmgcH_gZ1I/AAAAAAAAEpU/szx6rsBwkBE/s72-c/duit-naik-turun-rupiah.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2015/03/rupiah-naik-turun-pengusaha-harus.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/03/rupiah-naik-turun-pengusaha-harus.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy