Pembatasan Produksi Miras Dinilai Persulit Petani Pohon Aren

  Petani Pohon Aren/Ist Manadotopnews.com - Terkait produksi minuman keras (Miras) berbahan dasar dari Pohon Aren disejumlah daerah...

 
Petani Pohon Aren/Ist


Manadotopnews.com - Terkait produksi minuman keras (Miras) berbahan dasar dari Pohon Aren disejumlah daerah Sulawesi Utara (Sulut) diindikasikan sebagai pemicuh timbulnya aksi kriminalitas.

Untuk itu, guna menetralisir kondisi ini, khususnya di Ibu Kota Manado serta beberapa daerah di Sulut maka Badan Legislasi (Baleg) DPRD Sulut saat ini tengah merevisi ulang Perda No. 4 tahun 2014 tentang fungsi dan pengendalian serta dampak sosial dari Miras itu sendiri.

Terkait dengan itu, Baleg dalam proses pengkajian Perda tersebut rencananya akan mencantumkan atura tentang batas maksimal produksi dan aturan waktu untuk penjualan Miras serta bentuk-bentuk sangsi bagi pelaku konsumsi miras berlebihan yang dapat memicu lahirnya kejahatan pelanggaran ketertiban sosial masyarakat.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan, setiap pelaku kriminal yang meresahkan masyarakat itu adalah mereka yang mengkonsumsi miras sebab, ada yang mengakui bahwa khasiat dari miras dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit oleh karenanya miras hanya di konsumsi secukupnya dan tidak berakibat fatal apalagi meresahkan masyarakat tergangtung siapa dan sebagai apa miras itu di konsumsi.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Hanny Wakari, salah satu pengusaha produksi Miras di Sulut. Dirinya mengaku, pabrik miras PT. Minaesa miliknya dimana dalam sehari dapat memproduksi miras sebanyak 10.000 sampai dengan 20.000 liter perharinya, dengan demikian dikatakannya dari hasil produksi itu omset yang dia miliki dalam waktu sehari mencapai Rp.100 juta.

"Perlu kita ketahui bahwa Pohon Aren adalah komuditi ke tiga di Sulut setelah petani cengkih dan kelapa, oleh karena itu, perlu di pertimbangkan juga sebelum pembatasan produksi miras harus dibuat dalam Perda ini karena aturan tersebut jika di gunakan maka, secara tidak langsung akan mempersulit masyarakat yang mendapatkan penghasilan lewat produksi miras," kata pemilik pabrik itu ke Baleg dan stacholder beberapa hari lalu.

Lanjut Wakari, jika hal tersebut masih menjadi pertimbangan maka munurutnya produksi miras bisa saja di kurangi ataupun di hilangkan dengan catatan pemerintah harus menaikkan harga gula aren sehingga bisa terjadi peralihan produksi dari miras ke gula aren.

"Petani Pohon Aren akan lebih cenderung membuat gula karena selain memberikan hasil yang memuaskan, produksi miras yang beralih ke produksi gula tidak lagi memberi dampak negatif melainkan hal positif karena secara tidak langsung, pemerintah daerah melui aturan tersebut akan menambah pendapatan asli daerah (PAD)," tutur Wakari. (*/dk/sh)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Pembatasan Produksi Miras Dinilai Persulit Petani Pohon Aren
Pembatasan Produksi Miras Dinilai Persulit Petani Pohon Aren
http://4.bp.blogspot.com/-YThfSfNgspg/VQ7gG4JU8jI/AAAAAAAAErg/lvOnq86FVb8/s1600/petani-pohon-aren.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-YThfSfNgspg/VQ7gG4JU8jI/AAAAAAAAErg/lvOnq86FVb8/s72-c/petani-pohon-aren.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2015/03/pembatasan-produksi-miras-dinilai.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/03/pembatasan-produksi-miras-dinilai.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy