Kisah Sukses Pelayan Restoran Yang Jadi Pengusaha Berharta Rp 290 Triliun

George Soros/Ist Manadotopnews.com - Siapa tak kenal George Soros. Pengusaha investasi yang terkenal sebagai spekulan valas yang pern...

George Soros/Ist


Manadotopnews.com - Siapa tak kenal George Soros. Pengusaha investasi yang terkenal sebagai spekulan valas yang pernah menggegerkan dunia. Dia pernah dituding sebagai penyebab krisis moneter di Asia pada 1998, dan membuat bank sentral Inggris bangkrut.

Soros, 84 tahun, merupakan pendiri perusahaan investasi bernama Soros Fund Management. Perusahaan yang mengelola dana-dana besar ini membuat Soros kaya. Menurut Forbes seperti dikutip, Senin (16/3/2015), kekayaan Soros sekarang mencapai US$ 24,2 miliar atau sekitar Rp 290 triliun. Soros menduduki posisi nomor 29 terkaya di dunia.

George Soros telah memberikan standar baru untuk sebuah kesuksesan. Sebagai seorang filantropis, Soros mengembalikan semua uang yang didapatkannya di luar investasi.

Meninggalkan tanah kelahirannya Hungaria, Soros muda menimba ilmu di London School of Economics. Awal karir Soros bukan di sektor keuangan, melainkan bekerja di proyek rel kereta api dan pelayan restoran.

Setelah hijrah ke New York, Soros pun mencoba peruntungannya di Wall Street. Dengan modal US$ 12 juta, dia membuka perusahaan investasi.

Langkah ini terbukti sukses. Pada 1992 bersama mitranya Stan Druckenmiller, Soros 'memborong' poundsterling dan menangguk untung besar. Atas aksinya tersebut, Soros pun mendapat julukan sebagai pria yang membuat bank sentral Inggris bangkrut (The Man Who Broke the Bank of England).

Soal tudingan sebagai 'biang kerok' krisis Asia di 1997, Soros punya pembelaan

"Saya tidak mengambil posisi dalam pasar uang sejak beberapa bulan sebelum terjadinya krisis. Saya juga membuat kesalahan di Indonesia ketika rupiah jatuh, saya melepas terlalu awal di level Rp 6.000 yang kemudian ternyata mencapai Rp 10 ribu," ujar Soros pada 2006 lalu.

Soros mengatakan, krisis 1997 yang juga menghantam Indonesia, terjadi bukan karena kesalahan para spekulator.

Karena, pada dasarnya setiap pelaku pasar melakukan spekulasi. Soros menuding pihak regulator lalai menjaga aturan main di pasar keuangan. Sehingga pasar keuangan fluktuatif, dan mengakibatkan banyak kerusakan, termasuk krisis.

"Yang terjadi adalah kesalahan menerapkan sistem nilai tukar tetap yang tidak konsisten dan harus diubah. Saya melihat itu enam bulan sebelum krisis dan saya mengambil posisi ketika itu. Tapi saya tidak terkait dengan krisis karena saya tidak beroperasi di pasar saat terjadi krisis," tegasnya.

Menanggapi pertanyaan soal tudingan dari mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad yang menyebutnya sebagai orang tak bermoral, Soros menjawab spekulasi tidak terkait dengan masalah moral.

Pasalnya, spekulasi dilakukan untuk mencari keuntungan dan tidak memikirkan masyarakat di sekitar. "Moralitas tidak terkait dengan spekulasi," ujarnya. (*/dk/sh)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Kisah Sukses Pelayan Restoran Yang Jadi Pengusaha Berharta Rp 290 Triliun
Kisah Sukses Pelayan Restoran Yang Jadi Pengusaha Berharta Rp 290 Triliun
http://4.bp.blogspot.com/-uZliKWI09I0/VQZJQi9oYfI/AAAAAAAAElg/_flsgRjOjlU/s1600/soros.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-uZliKWI09I0/VQZJQi9oYfI/AAAAAAAAElg/_flsgRjOjlU/s72-c/soros.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2015/03/kisah-sukses-pelayan-restoran-yang-jadi.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/03/kisah-sukses-pelayan-restoran-yang-jadi.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy