Jelang UN, Mendikbud Anies Imbau Tuk Budayakan Malu Berbuat Curang

  Mendikbud Anies Baswedan/Ist Manadotopnews.com - Tingkat kecurangan di Indonesia belakangan ini semakin meningkat. Adapun berbagai...

 Mendikbud Anies Baswedan/Ist


Manadotopnews.com
- Tingkat kecurangan di Indonesia belakangan ini semakin meningkat. Adapun berbagai praktik kecurangan seakan membudaya di jajaran pemerintahan maupun kalangan masyarakat. Seperti praktik korupsi suap menyuap, dan lain sebagainya.

Jelang ujian nasional (UN), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menghimbau kepada seluruh kalangan yang terkait dalam UN, untuk meninggalkan berbagai praktik kecurangan. Menurutnya, salah satu upaya untuk meninggalkan hal tersebut adalah dengan cara membudayakan malu berbuat curang.

“UN kita harapkan berjalan dengan spirit kejujuran yang tinggi. Mari kita dorong. Buat sekolah-sekolah atau masyarakat, kalau kita mengulang praktik-praktik yang pernah terjadi malu rasanya,” kata Anies, dalam sosialisasi UN kepada kepala dinas pendidikan, kepala LPMP, dan wakil rektor I seluruh Indonesia, seperti dikutip dari laman resmi Kemendikbud, (2/3).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pentingnya budaya tersebut diterapkan lantaran saat ini sebenarnya Indonesia sedang dalam masa krisis kejujuran. Akan tetapi, nantinya para siswa sebagai generasi bangsa akan hidup di zaman yang berbeda.

“Era yang menganggap kecurangan, contek menyontek, dan korupsi bukan lagi hal yang normal, sudah kuno,” ujar Anies.

Selain itu, Anies juga menambahkan, betapa pentingnya integritas bagi para penerus bangsa. Dirinya mengaku, akan sangat malu melihat generasi penerus bangsa yang memiliki skill dan wawasan yang mumpuni, tapi tanpa disertai integritas.

“Cerdas iya, skillful iya, keterampilan pengetahuan luas, tapi begitu masuk pada kemampuan untuk disiplin dalam kejujuran, menjalani drop, sayang sekali,” katanya.

Tak hanya siswa, Anies juga memberikan imbauan kepada sekolah yang kini telah diberikan kepercayaan penuh untuk menentukan kelulusan. Dia mengharapkan, kepercayaan tersebut dijadikan sebagai amanat dan jangan sampai disia-siakan.

“UN merupakan salah satu dari proses panjang dari pendidikan dan pelatihan pemerintahan yang baik,” ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies berharap, UN tahun ini dapat berjalan dengan baik dan sehat. Dia juga berharap, terjalinnya komunikasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah untuk perubahan dan perbaikan yang lebih baik.

“Komunikasi di antara kita juga berjalan baik terus dan mudah-mudahan perbaikan yang akan kita jalankan gradual akan kita rasakan manfaatnya,” pungkasnya. (*/oz/sh)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Jelang UN, Mendikbud Anies Imbau Tuk Budayakan Malu Berbuat Curang
Jelang UN, Mendikbud Anies Imbau Tuk Budayakan Malu Berbuat Curang
http://2.bp.blogspot.com/-T0uYj8mGl28/VPP9GknjdFI/AAAAAAAAEYw/OMSzgV1kzGk/s1600/budaya-malu-anis.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-T0uYj8mGl28/VPP9GknjdFI/AAAAAAAAEYw/OMSzgV1kzGk/s72-c/budaya-malu-anis.JPG
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2015/03/jelang-un-mendikbud-anies-imbau-tuk.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/03/jelang-un-mendikbud-anies-imbau-tuk.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy