Mengenang Sejarah, Sulut Peringati Peristiwa Merah Putih "14 Februari"

Provinsi Sulut Peringati Peristiwa Merah Putih "14 Februari"/Ist Manadotopnews.com - Peristiwa Merah Putih 14 Pebruari 1946...

Provinsi Sulut Peringati Peristiwa Merah Putih "14 Februari"/Ist

Manadotopnews.com - Peristiwa Merah Putih 14 Pebruari 1946 yang dikenal sebagai peristiwa heroik di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melawan penjajah Belanda, di Bumi Nyiur Melambai,  di peringati Pemerintah dan masyarakat sulut melalui Temu Wicara/Resepsi Kejuangan di Gedung Graha Bumi Beringin Manado, Jumat (13/2).

Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang mengatakan, peristiwa merah putih 14 Pebruari 1946, sebagai salah satu wujud dari sikap patriotisme dan nasionalisme putra/putri terbaik sulut, sekaligus merupakan bagian tak terpisahkan dari aksi patriotik dalam mempertahankan kemerdekaan pasca proklamasi 17 Agustus 1945 dan keutuhan NKRI.

Perlu dipahami bahwa setelah kemerdekaan Indonesia di proklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta, sebagian wilayah Indonesia Timur (Intim) masih dikuasai penjajah. Namun pada Tanggal 14 Pebruari 1946 tepatnya jam 1 tengah malam para pejuang yang dipimpin oleh Komandan Taulu dan Wuisan memulaikan aksi penyergapan dan menangkap semua tentara penjajah di Manado, mulai dari Komandan Garnisun Kapten Blom, Dan Korps-VII Carlier, CPM dan seluruhnya sehingga berhasil menguasai wilayah Manado.

Kaum Nasionalis yang ditawan seperti Nani Wartabone, OH Pantouw, Geda Dauhan termasuk Pimpinan Pemuda BPNI Jhon Rahasia dan Chris Ponto semuanya di bebaskan. Pada pagi harinya Komandan Frans Bisman dan Freddy Lumanu berangkat dengan dua peleton ke markas besar Kniel di Tomohon dan menangkap komandan Kniel  De Vries dan Residen NICA Koomans De Ruyter bersamaan dengan penangkapan Letnan Van Emdem, komandan kompi di girian tonsea oleh Kumaunang.

Keesokan harinya di hadapan komandan Kniel De Vries, Komandan Taulu dan Wuisan bahwa “Kami bersama pemuda sedang memperjuangan kemerdekaan Indonesia, dan ini kami pertahankan”. Sejak saat itulah Bendera Merah Putih Berkibar di provinsi Sulut. Radio-radio Australia dan San Fransisco dan BBC London serta harian Merdeka Jakarta menyiarkan tentang “Pemberontakan besar di Sulawesi Utara”, bahkan  Presiden pertama pilihan rakyat “Bung Karno” memaklumkan, bahwa 14 Pebruari adalah hari Sulawesi Utara, dan sejarah perjuangan Indoneai mensyukurinya”, jelas Sarundajang sembari menyebutkan, peristiwa ini tentunya menjadi bagian penting dalam kehidupan kita dimasa kini dan dimasa depan dalam kehidupan bermasyarakat.

Harus diakui perjuangan kita masih panjang karena itu semangat perjuangan harus terus kita kobarkan, karena kita memiliki tanggungjawab yang sama untuk membawa bangsa, negara dan daerah ini mengarungi samudera pembangunan menuju kemajuan bersama. Sebagai komitmen perjuangan kita bersama sehingga mampu menghantar sulut menyambut kebangkitan baru sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik menuju masyarakat Bumi Nyiur Melambai Sulut yang semakin berbudaya, berdaya saing Ben Warouw, DPP Korps Pembangunan Merah Putih 14 Pebruari 1964, serta Unsur Forkopimda Sulut. (*)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Mengenang Sejarah, Sulut Peringati Peristiwa Merah Putih "14 Februari"
Mengenang Sejarah, Sulut Peringati Peristiwa Merah Putih "14 Februari"
http://2.bp.blogspot.com/-gkY9OsAB5RM/VN7TJf9O6YI/AAAAAAAAEMk/QCxUdygaFrQ/s1600/sulut-peringati-14-februari.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-gkY9OsAB5RM/VN7TJf9O6YI/AAAAAAAAEMk/QCxUdygaFrQ/s72-c/sulut-peringati-14-februari.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2015/02/mengenang-sejarah-sulut-peringati.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2015/02/mengenang-sejarah-sulut-peringati.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy