Waspada, Mimisan Pada Anak Bisa Jadi Gejala Hemofilia

  Mimisan/Ist Manadotopnews.com -Dokter mengatakan bahwa sebab paling umum anak mengalami mimisan secara tiba-tiba adalah kondisi pe...

 
Mimisan/Ist
Manadotopnews.com-Dokter mengatakan bahwa sebab paling umum anak mengalami mimisan secara tiba-tiba adalah kondisi pembuluh darah di hidung yang rapuh. Kondisi ini bisa diperburuk jika anak memiliki alergi sehingga rentan menggosok-gosok hidung dan menyebabkan pembuluh darah pecah secara tiba-tiba.

Namun pakar THT dari Rumah Sakit Akademik FK UGM, dr Mahatma T Bawono, SpTHT-KL, mengatakan bahwa jika mimisan anak mengeluarkan banyak darah dan terjadi lebih dari 3 menit, orang tua harus segera membawa anak ke dokter. Sebabnya, bisa jadi anak mengidap penyakit kelainan genetik pada darah atau yang biasa disebut sebagai hemofilia.

"Biasanya kalau kondisi mimisan yang spontan bukan karena penyakit tertentu sekitar 1-3 menit akan berhenti. Tapi mimisan ini bisa juga salah satunya karena hemofilia atau adanya kelainan genetik yang menyebabkan pembekuan pada darah. Kalau dari kita dari segi THTnya sendiri tanda awalnya ini adalah dari hidung jadi mimisan darahnya banyak keluar dari hidung," tutur dr Bawono Rabu (5/11/2014).

dr Bawono menjelaskan bahwa mimisan merupakan gejala dari hemofilia. Diperlukan tes laboratotium dan pemeriksaan oleh dokter ahli untuk menentukan sebab dari terhambatnya proses pembekuan darah tersebut.

Senada dengan dr Bawono, dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SpA dari Siloam Hospital membenarkan bahwa mimisan merupakan salah satu gejala hemofilia. Jika mimisan anak banyak dan susah berhenti, patut diperiksa riwayat kesehatan keluarganya. Sebabnya, hemofilia merupakan penyakit keturunan atau genetik.

"Ini benar. Hemofilia atau kelainan genetik berupa pembekuan darah ini biasanya karena faktor keturunan," tutur dr Melisa ketika dihubungi terpisah.

Namun berbeda dengan mimisan yang terjadi akibat pembuluh darah yang pecah karena rapuh, mimisan pada pengidap hemofilia biasanya juga disertai dengan pendarahan di tempat. Misalnya, ketika anak sikat gigi secara berlebihan dan akhirnya menyebabkan pendarahan di gusi dan mulut yang tak kunjung berhenti.

"Ciri lain adalah anak sering memar, sehingga kalau dia terbentur sedikit saja dia langsung memar. Kemudian kalau dia garuk-garuk sedikit saja kulitnya langsung merah-merah. Lalu ada pembengkakan juga di sendi akibat pecahnya pembuluh darah saat mimisan," tandasnya.

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Waspada, Mimisan Pada Anak Bisa Jadi Gejala Hemofilia
Waspada, Mimisan Pada Anak Bisa Jadi Gejala Hemofilia
http://2.bp.blogspot.com/-tdJ8sRwZbtE/VFmSK8mkPhI/AAAAAAAACz4/ewREH0E4Pq4/s1600/hidungberdarah.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-tdJ8sRwZbtE/VFmSK8mkPhI/AAAAAAAACz4/ewREH0E4Pq4/s72-c/hidungberdarah.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2014/11/waspada-mimisan-pada-anak-bisa-jadi.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/11/waspada-mimisan-pada-anak-bisa-jadi.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy