Tanaman Liar Ini Bisa Jadi Pewarna Alami Pakaian

Pewarna Alami/Ist Manadotopnews.com -Tanaman di alam bebas ternyata tak hanya berguna bagi ekosistem alam. Daun-daun sejumlah tanaman...

Pewarna Alami/Ist

Manadotopnews.com-Tanaman di alam bebas ternyata tak hanya berguna bagi ekosistem alam. Daun-daun sejumlah tanaman pun ternyata memiliki manfaat lain untuk manusia, yakni sebagai pewarna alami pakaian.

Dalam open house Puslit Biologi Bidang Botani yang digelar di LIPI Cibinong Science Center (CSC), Cibinong, Bogor, ditampilkan beberapa daun tanaman yang dapat menjadikan pakaian kita cantik berwarna warni. Salah satu di antaranya adalah daun dari tanaman liar Kareumbi (Omalanthus Popilneus).

"Iya ini tanaman liar, banyak kok di jalan-jalan. Daunnya saja yang dipakai. Kita di sini hanya pergunakan daunnya. Kalau pakai batang atau kulit pohon bisa merusak tanaman," ujar peneliti Puslit Biologi bidang Botani Dra. Diah Sulistiarini di lokasi, (12/9).

Selain Kareumbi, beberapa daun tanaman yang bisa dijadikan pewarna alami pakaian adalah Alpukat (Persea Americana), Salam (Syzygium Polyanthum), Mahoni (Swietenia Mahagoni), Jantung Pisang (Musa sp), Jambu Biji (Psidium Guajava), Kunyit (Curcuma Domestica), Tarum, dan Secang.

Meski begitu, pewarna pakaian dari daun tanaman ini tak dapat berdiri sendiri. Ada bahan Fixsasi yang diperlukan untuk mengikat pakaian, di antaranya kapur sirih, tawas, dan Fero Sulfat (Fe So4).

Menurut Diah, warna yang dihasilkan dari tiap daun tanaman bisa berbeda-beda tergantung dari bahan Fixsasi yang digunakan. Jenis bahan pun juga menentukan hasil warna yang dihasilkan.

"Warna tergantung fixsasi dan bahannya. Warna hasil beda. Pakaii Fe So4 umumnya kehitaman (gelap), kalau pakai tawas lebih muda, kapur agak terang," kata Diah.

Proses pewarnaan pakaian ini relatif mudah dan bisa dikerjakan sendiri di rumah. Langkah awal adalah dengan merebus daun tanaman yang diinginkan, setelah itu bahan kain atau pakaian lantas direndam ke dalam air rebusan tersebut.

Lama perendamannya pun tergantung sampai seperti apa hasil yang kita inginkan. Langkah terakhir adalah dengan mencelupkan hasil bahan/kain atau pakaian rendaman ke bahan pengikat warna (fixsasi).

Diah pun sempat menunjukkan bagaimana proses pewarnaan tersebut. Jantung pisang jika difixsasi dengan kapur akan menjadi warna cokelat, jika dengan Fe So4 menjadi biru kehijauan, sementara dengan tawas menjadi warna soft.

"Kita berhasil mendapat warna kemerahan alpukat pakai kapur. Daun mahoni pakai kapur juga bagus. Kalau pewarnaan dengan proses ini jelas aman, karena dari daun, alami ya," tutur peneliti yang yang menangani klasifikasi anggrek ini.

Untuk pewarnaan dengan menggunakan tanaman makanan seperti kunyit disebut Diah justru hasilnya kurang bagus. "Yang kelihatannya bagus dari daun jambu-jambuan. Bisa menampilkan warna soft dan biru," sambungnya.

Pengunjung pun terlihat tertarik pada booth ini. Sejumlah siswa sekolah tampak menyoba proses pewarnaan alami tersebut. Bahkan rombongan ibu-ibu dari Batik Bogor Handayani Geulis sangat antusias.

"Ini menarik ya. Kami punya program Batik go to school di Bogor, mengajari pembatikan ke sekolah-sekolah. Bisa kami sampaikan nanti proses pewarnaan alami ini," ujar salah satu anggota rombongan, Ibu Lilis saat menyaksikan proses pewarnaan.

Pewarna alami dari daun tanaman juga bisa digunakan sebagai bahan pewarna untuk pembuatan batik. Sejumlah kain-kain batik cantik hasil pewarnaan pun dipamerkan dalam booth ini. (*)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Tanaman Liar Ini Bisa Jadi Pewarna Alami Pakaian
Tanaman Liar Ini Bisa Jadi Pewarna Alami Pakaian
http://2.bp.blogspot.com/-evYT10jfQTc/VBKf-dMgJdI/AAAAAAAACCA/C2D9ofOQMnY/s1600/tanaman.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-evYT10jfQTc/VBKf-dMgJdI/AAAAAAAACCA/C2D9ofOQMnY/s72-c/tanaman.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2014/09/tanaman-liar-ini-bisa-jadi-pewarna.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/09/tanaman-liar-ini-bisa-jadi-pewarna.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy