Tahun Depan, Upah "Buruh" Naik 1-3%

  Istimewa Manadotopnews.com -Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengungkapkan Upah Minimum Provinsi (U...

 
Istimewa
Manadotopnews.com-Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengungkapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk 2015 akan naik. Tetapi kenaikannya tidak akan terlalu besar.

"Kenaikannya kecil sekali. Di Jakarta, sudah tujuh kali kita survei dan naiknya hanya tidak lebih 1-3%," kata Sofjan di kantornya di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, (16/09).

Menurut Sofjan kecilnya kenaikan UMP DKI Jakarta tahun depan karena pada 2013 dan 2014 sudah terjadi kenaikan cukup tinggi. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tahun ini menaikkan UMP menjadi Rp 2.441.301 per bulan dari sebelumnya Rp 2.200.000 per bulan.

"Jadi dulu sudah terlalu tinggi," imbuhnya. Selain itu, Sofjan juga menilai nilai komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) pekerja di Jakarta masih relevan dan tidak perlu ditambah.

Mengenai rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Sofjan menyebut sudah diperhitungkan. "Kita sudah pikirkan kenaikan BBM terhadap upah. Naiknya BBM itu menyebabkan kenaikan cost transportasi buruh. Uang transport kita tambahkan, tetapi jangan disamakan dengan upah," jelasnya.

Namun, Sofjan menegaskan bahwa keputusan akhir adalah dalam pertemuan bipartit antara pemerintah, pengusaha, dan buruh. "Dewan Pengupahan sekarang ini sedang bekerja. Kita harapkan diserahkan bipartit saja urusan pengupahan itu," tuturnya.

Sebelumnya, kalangan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menuntut kenaikan upah 2015 minimal 30%. Kenaikan tersebut dinilai wajar karena KHL bisa ditambah dari 60 menjadi 84.

Jika tidak dipenuhi, KSPI menyebut buruh akan melakukan mogok nasional pada akhir Oktober atau awal November. Bila pemerintah dinilai tidak memiliki itikad baik, mereka akan kembali melakukan aksi yang lebih besar.

"Wacana untuk tutup tol bukan suatu hal yang mustahil. Selama ini buruh Indonesia dan rakyat Indonesia sudah dirugikan. Di beberapa daerah sudah mengatakan untuk berupaya tutup tol," kata Sekjen KSPI Muhammad Rusdi beberapa waktu lalu. (*/dk)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Tahun Depan, Upah "Buruh" Naik 1-3%
Tahun Depan, Upah "Buruh" Naik 1-3%
http://3.bp.blogspot.com/-nuIkHcnkzXA/VBjgjEUyOXI/AAAAAAAACGA/WuoaGH_yMic/s1600/upahmurah.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-nuIkHcnkzXA/VBjgjEUyOXI/AAAAAAAACGA/WuoaGH_yMic/s72-c/upahmurah.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2014/09/tahun-depan-upah-buruh-naik-1-3.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/09/tahun-depan-upah-buruh-naik-1-3.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy