Nih, 5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

Tes Urine/Ist Manadotopnews.com -Tahukah Anda, bahwa air kencing (urine) Anda bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tubuh Anda?...

Tes Urine/Ist
Manadotopnews.com-Tahukah Anda, bahwa air kencing (urine) Anda bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tubuh Anda? Dari sekedar setitik darah yang hadir di air kencing, aroma, bahkan sekedar warna air kencing Anda menandakan kondisi tubuh yang Anda miliki.

Setiap hari, ginjal Anda menyaring 200 liter darah. Sistem penyaringan ginjal yang kompleks menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh dan membuangnya menjadi urine. Namun bagaimana mengetahui urine Anda normal atau tidak?

Ketahui jawabannya berikut ini.

1. Kejernihan Air Kencing

kejernihan airWarna dan 'konsentrasi' urine dapat membantu Anda mengetahui apakah hidrasi Anda cukup.

Jika warna urine Anda kuning gelap, mungkin saja Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum.

Dehidrasi juga dapat mengakibatkan batu ginjal karena mineral penyebab batu akan terkonsentrasi pada ginjal dan saluran air.

Jadi pastikan Anda cukup minum air putih dan warna urine Anda jernih.

2. Warna & Bau Air Kencing

Jika urine Anda tidak berwarna kuning, bisa jadi hal tersebut merupakan hal yang serius (misalnya terdapat darah di dalam urine). Namun bisa jadi hal tersebut juga berkaitan dengan diet ataupun obat yang Anda konsumsi.
Warna Air Kencing/Ist

Misalnya jika Anda sering mengonsumsi buah bit, urine Anda dapat berwarna merah jambu. Hal ini seringkali mengecoh jika terdapat sel darah merah dalam urine, urine Anda dapat berwarna merah maupun seperti teh botol.

Sama halnya dengan bau. Makanan tertentu dapat menyebabkan bau spesifik seperti asparagus. Atau jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu atau vitamin dapat juga memberikan bau tertentu.

3. Tanda Awal Kerusakan Ginjal

air kencing ginjalProtein dalam urine dapat menjadi suatu penanda utama adanya kerusakan ginjal, terutama pada orang yang menderita diabetes. Protein pada urine dapat menghasilkan busa berlebih pada urine.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan hubungan gejala awal kerusakan ginjal dengan faktor lainnya adalah:

* Jika Anda berusia lebih dari 60 tahun
* Menderita diabetes
* Hipertensi
* Riwayat keluarga yang menderita gagal ginjal

Maka ada baiknya Anda memeriksakan

4. Tanda Diabetes

diabetesJika Anda BAK cukup sering dalam jumlah yang banyak, bisa jadi Anda menderita diabetes.

Jika darah Anda mengandung banyak "gula" dan tubuh tidak dapat memprosesnya secara efektif, maka ginjal Anda akan bekerja ekstra keras untuk mengeluarkannya.

JIka demikian, maka tidak ada salahnya untuk melakukan secara tertib dan berkala pemeriksaan kandungan gula darah Anda. Selain itu, tegakkan pola hidup aktif dan sehat guna menekan potensi ancaman diabetes yang ada.

5. Tanda Infeksi

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri terdapat di saluran kemih dan berreplikasi. Bakteri biasanya masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra atau lubang kencing. Gejala infeksi saluran kemih diantaranya tidak lampias saat BAK, tidak dapat menahan BAK, rasa panas sewaktu BAK atau juga perubahan warna dan bau pada urine. (*/kd)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Nih, 5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal
Nih, 5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal
http://4.bp.blogspot.com/-NVdu6ZvDNoU/VAQsCQgUj_I/AAAAAAAAB5w/PapeySTNLk8/s1600/tesurine.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-NVdu6ZvDNoU/VAQsCQgUj_I/AAAAAAAAB5w/PapeySTNLk8/s72-c/tesurine.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2014/09/nih-5-tanda-air-kencing-anda-tidak.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/09/nih-5-tanda-air-kencing-anda-tidak.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy