Jelang Pasar Bebas, Masih Banyak Aturan Tumpang Tindih

Istimewa Manadotopnews.com -Faktor keamanan penting untuk mempersiapkan pembangunan ekonomi nasional, dalam menghadapi pasar bebas nega...

Istimewa
Manadotopnews.com-Faktor keamanan penting untuk mempersiapkan pembangunan ekonomi nasional, dalam menghadapi pasar bebas negara-negara di Asia Tenggara atau ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

"Aspek keamanan nasional dan perekonomian memiliki kaitan yang signifikan. Potensi ekonomi yang dimiliki oleh Indonesia baru dapat terkonversi jadi hasil yang optimal jika didukung keamanan nasional yang kokoh," ungkap Mantan Duta Besar RI untuk Malaysia, Dai Bachtiar, di Jakarta (14/8). 

Dia menambahkan, kondisi di dalam negeri masih terdapat potensi gerakan separatis dan konflik horizontal. Sedangkan secara eksternal, potensi konflik di ASEAN relatif tinggi.  Dia mengatakan, Indonesia sepatutnya menyiapkan sumber daya manusia penegak hukum yang handal.

Selain personil penegak hukum yang handal, keamanan nasional juga harus didukung dengan sistem pemerintahan dan birokrasi berkualitas unggul. Dengan begitu pembentukan regulasi dan kebijakan publik dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

"Sekarang ini banyak regulasi yang tumpang tindih bahkan benturan antar pemangku kepentingan di pusat dan daerah. Ini hanya mungkin terjadi jika Indonesia dipimpin oleh seseorang yang berintegritas dan mampu memberikan keteladanan," papar Dai.

Sedangkan, pakar kajian hubungan internasional dari CSIS, Philips J Vermonte mengatakan, Indonesia hingga saat ini mengedepankan demokrasi development and stability ASEAN. Menurutnya, Indonesia harus berkembang lebih jauh ke arah sustainable stability and development.

"Karena terdapat studi yang menyebutkan bahwa Indonesia hari ini telah tumbuh menjadi pemain global tapi masih tertinggal dalam hal pembangunan demokrasi, sustanaible stability dan development," kata Philips.

Sementara ekonom dari Universitas Indonesia (UI), Berly Martawardaya menyoroti potensi ekonomi Indonesia dalam AEC 2015. Menurut Berly, dari perspektif makro, Indonesia sebetulnya memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin dalam landscape perekonomian ASEAN. (*/oz)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Jelang Pasar Bebas, Masih Banyak Aturan Tumpang Tindih
Jelang Pasar Bebas, Masih Banyak Aturan Tumpang Tindih
http://1.bp.blogspot.com/-6w5_xTxwSro/U-2Xspy9WSI/AAAAAAAABgI/3ZfQ3BrCLUs/s1600/070313-usaha1.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-6w5_xTxwSro/U-2Xspy9WSI/AAAAAAAABgI/3ZfQ3BrCLUs/s72-c/070313-usaha1.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2014/08/jelang-pasar-bebas-masih-banyak-aturan.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/08/jelang-pasar-bebas-masih-banyak-aturan.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy