Dibekuk Vietnam 3-1, Peluang Timnas U-19 ke Semifinal "Tipis"

Tim Vietnam Saat Merayakan Gol/Ist Manadotopnews.com -Meski menyisakan dua pertandingan lagi, namun peluang Indonesia sangat tipis untu...

Tim Vietnam Saat Merayakan Gol/Ist
Manadotopnews.com-Meski menyisakan dua pertandingan lagi, namun peluang Indonesia sangat tipis untuk lolos ke semifinal Hassanal Bolkiah Trophy 2014. Keadaan ini dilihat dari laga ketiga Tim Nasional (Timnas) U-19, setelah bertekuk lutut di hadapan Vietnam U-19 dengan skor 3-1, (13/8).

Tim Nasional Indonesia U-19 sempat tertinggal tiga gol di babak pertama pada pertandingan yang berlangsung di Hassanal Bolkiah Stadium. Sementara Septian David hanya bisa memperkecil keadaan di babak kedua.

Jalannya Pertandingan:
Indonesia mencoba bangkit usai hanya meraih satu poin dari dua laga yang telah diselesaikan. Tak mau kalah lagi, Indra Sjafri mengincar kemenangan perdana.

Seperti biasa, Indra menurunkan pemain-pemain andalannya. Seperti Ilham Udin Armaiyn, Mukhlis Hadi Ning, dan Evan Dimas sebagai motor serangan. Sedangkan Vietnam, menurunkan skuad usia di bawah 19 tahun. Seperti Tran Huu Dong Trieu, yang merupakan skuad Vietnam pada ajang AFF U-19 di Sidoarjo 2013 lalu.

Sayang Indonesia justru tertinggal lebih dulu, ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Berawal dari pelanggaran di luar kotak penalti gawang Ravi, Luog Xuan Truong yang menjadi algojo tendangan bebas.

Ravi yang siap menjaga gawangnya agar tak kebobolan, terkecoh ketika bola tendangan Luog membentur pagar betis yang dibangun para pemain Indonesia. Sehingga bola masuk ke gawang, tanpa bisa dikawal Ravi. Vietnam unggul 1-0.

Menit ke-12, Garuda Jaya sempat memberikan ancaman pasca tertinggal. Berawal dari serangan balik, yang dimotori oleh Putu Gede, dan menyodorkan bola ke Evan Dimas, lalu sang kapten langsung memberikan terobosan ke Ilham Udin.

Akan tetapi, sepakan pemain berusia 18 tahun ini masih melebar ke samping kanan gawang kiper Vietnam. Pasukan Indra Sjafri pun harus menahan kesempatan mengejar ketertinggalan dari Vietnam.

Bukannya menyamakan kedudukan, Indonesia malah jauh tertinggal. Pada menit ke-36, Nguyen Pong Hong Duy berhasil menggandakan keunggulan Vietnam. Setelah tendangan jarak jauhnya tak bisa dihalau Ravi yang memang tidak pada tempatnya.

Sebagai catatan, gol dari Nguyen ini menjadi yang keempat gawang Indonesia dijebol dengan skema yang sama, yaitu tendangan dari jarak jauh. Melihat situasi ini, Ravi pun diganti Awan Seto oleh Indra Sjafri pada menit ke-41.

Strategi yang tidak berjalan efektif, setelah pada masa injury time Vietnam kembali menambah keunggulan ketika Nguyen Cong Phuong lolos dari pengawalan Sahrul Kurniawan. Gol ketiga Vietnam menandakan selesainya babak pertama.

Lepas turun minum, Indonesia coba membuka asa. Tepat pada menit ke-50, Paulo Sitanggang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun kiper Vietnam masih terlalu tangguh untuk mementahkannya.

Masuknya Septian David menggantikan Maldini Pali di babak kedua, memberikan angin segar di lini serang Garuda Jaya. Terbukti, berkat keahliannya mengacak-acak pertahanan lawan, bola pun ia lesakkan yang mampu mengolongi dua bek Vietnam. Sekaligus tak bisa dihalau oleh kiper Vietnam. Indonesia 1, Vietnam 3.

Walau menciptakan beberapa peluang di penghujung laga, namun tak ada satu pun gol tambahan dari Garuda Jaya. Sehingga skor 3-1 bertahan hingga laga usai.

Kekalahan ini membuat langkah Indonesia berat untuk lolos ke babak semifinal, mengingat poin maksimal yang mungkin didapat skuad Indra Sjafri ini tujuh angka. Itu jika Indonesia mampu menyabet dua laga sisa menghadapi Kamboja dan Singapura.

Nasib Indonesia juga bergantung pada laga lainnya, di mana Kamboja si pemimpin klasemen grup B dengan enam poin bakal menghadapi Malaysia, yang memiliki empat poin. Sedangkan bagi Vietnam, kemenangan ini membuat mereka berhasil menambah koleksi poin menjadi 5 poin.

Timnas U-19 akan bertanding lagi melawan Kamboja pada 16 Agustus 2014, dan menghadapi Singapura dua hari berselang. (*/oz)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Dibekuk Vietnam 3-1, Peluang Timnas U-19 ke Semifinal "Tipis"
Dibekuk Vietnam 3-1, Peluang Timnas U-19 ke Semifinal "Tipis"
http://2.bp.blogspot.com/-_QkmGqUHx9g/U-xpiem7kuI/AAAAAAAABfg/qKM-VciLdN8/s1600/vitnamvsindonesia.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-_QkmGqUHx9g/U-xpiem7kuI/AAAAAAAABfg/qKM-VciLdN8/s72-c/vitnamvsindonesia.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2014/08/dibekuk-vietnam-3-1-peluang-timnas-u-19.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/08/dibekuk-vietnam-3-1-peluang-timnas-u-19.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy