Payudara Sakit saat "Menstruasi" ? Ini penyebabnya!

  Payudara Sakit/Ist MTN.com -Rasa sakit dan nyeri pada payudara ketika akan menstruasi adalah salah satu keluhan yang dialami oleh b...

 
Payudara Sakit/Ist

MTN.com-Rasa sakit dan nyeri pada payudara ketika akan menstruasi adalah salah satu keluhan yang dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini seringkali muncul sebelum menstruasi atau ketika wanita sedang dalam masa menstruasi. Tak jarang juga, payudara terasa sakit dan tegang setelah menstruasi selesai.

Meski hal ini sering terjadi, tak pelak masih banyak wanita yang mempertanyakan apakah hal ini normal. Sebenarnya, payudara yang sakit memang merupakan salah satu gejala sindrom pra-menstruasi (PMS) di samping gejala lain seperti nyeri pada perut bagian bawah, mood memburuk, dan rasa lelah yang berlebihan.

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan payudara terasa nyeri pada saat PMS, menstruasi, atau bahkan setelah menstruasi, seperti dilansir oleh Boldsky. Dengan mengetahui alasan di baliknya, Anda akan memahami mengapa sakit pada payudara saat menstruasi adalah hal yang normal.

1. Peningkatan hormon
Salah satu penyebab payudara terasa sensitif, tegang, dan nyeri saat akan menstruasi adalah karena produksi hormon estrogen yang tinggi. Estrogen atau biasa disebut sebagai 'hormon wanita' ini menyebabkan jaringan payudara menjadi lebih tegang dan keras.

Hal ini biasanya terjadi pada hari ke-21 dalam siklus menstruasi. Karena itu banyak wanita yang mengalami nyeri payudara selama beberapa hari sebelum menstruasi. Kondisi ini normal dan tak perlu dikhawatirkan, kecuali jika Anda merasa rasa nyeri pada payudara berlebihan dan sangat mengganggu. Jika rasa nyeri terasa aneh dan parah, sebaiknya periksakan diri Anda.

2. Alami terjadi pada semua wanita

Payudara yang terasa keras dan nyeri sebelum menstruasi dialami oleh hampir semua wanita. Selain karena sindrom pra-menstruasi, hal ini juga diakibatkan oleh hormon dalam tubuh. Untuk itu tak perlu merasa stres dan cemas ketika payudara terasa nyeri saat menstruasi. Jangan panik ketika payudara terasa sakit, kecuali jika rasa sakitnya sangat parah dan tak bisa ditoleransi lagi.

3. Efek samping

Rasa sakit pada payudara juga bisa disebabkan oleh efek samping pil KB. Wanita yang sudah menikah dan minum pil KB biasanya akan mengalami rasa sakit pada payudara mereka. Hal ini karena pil KB meningkatkan produksi hormon pada tubuh. Jika Anda mengonsumsi pil KB secara teratur dan merasa payudara nyeri, itu adalah hal yang wajar. Hal ini lebih mungkin terjadi jika Anda mengonsumsi pil KB secara teratur, namun kemudian berhenti secara tiba-tiba.

4. Obesitas
Obesitas dan gaya hidup yang tak sehat adalah salah satu alasan rasa nyeri pada payudara. Ini sebenarnya bukan masalah serius dan rasa sakit pada payudara disebabkan oleh berat badan yang berlebihan. Karena itu, jika Anda mengalami rasa sakit pada payudara sebelum menstruasi dan mengalami kelebihan berat badan, itu adalah normal. Untuk mengatasinya, coba turunkan berat badan dan konsumsi makanan yang sehat. Minum banyak air juga bisa membantu jika rasa nyeri pada payudara disebabkan oleh obesitas.

5. Masa pertumbuhan
Payudara yang terasa sakit juga dialami oleh banyak remaja perempuan. Hal ini tak hanya pada saat menstruasi tetapi bisa juga terjadi di keseharian. Payudara yang terasa sakit dan nyeri pada remaja wanita bisa menunjukkan adanya pertumbuhan, karena jaringan payudara masih tumbuh di usia mereka. Karena itu, jangan terlalu khawatir. Rasa sakit pada payudara di usia remaja bisa disebabkan oleh pertumbuhan payudara itu sendiri.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara pada saat menstruasi atau sebelum menstruasi. Rasa sakit pada payudara itu wajar dan normal, kecuali jika nyeri yang dirasakan sangat parah dan tidak bisa ditoleransi. Sebaiknya periksakan diri ke dokter jika rasa sakit pada payudara dirasa aneh dan berlebihan. (*/tps)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Payudara Sakit saat "Menstruasi" ? Ini penyebabnya!
Payudara Sakit saat "Menstruasi" ? Ini penyebabnya!
http://2.bp.blogspot.com/-QlzFRPs0KYM/U7-acCF8EnI/AAAAAAAAA6M/akfzrlBv_Y8/s1600/payudarasakit.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-QlzFRPs0KYM/U7-acCF8EnI/AAAAAAAAA6M/akfzrlBv_Y8/s72-c/payudarasakit.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2014/07/payudara-sakit-saat-menstruasi-ini.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/07/payudara-sakit-saat-menstruasi-ini.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy