Ribuan Warga Erpak Demo Kantor Pertanahan Bitung

Demo Sengketa Tanah/Ist MTN. com -Kantor Pertanahan Kota Bitung kembali di demo ribuan warga yang tergabung dalam masyarakat Erpak eks ...

Demo Sengketa Tanah/Ist
MTN. com-Kantor Pertanahan Kota Bitung kembali di demo ribuan warga yang tergabung dalam masyarakat Erpak eks HGU PT Kinaleosan, (11/6). Massa yang berkumpul di Stadion Duasudara yang berjarak sekitar 200 meter dari kantor pertanahan di bilangan Jalan Samsat Manembo-nembo, mereka kemudian berjalan kaki dan menggunakan sejumlah kendaraan roda dua dan satu unit mobil pick up dan membawa kertas karton bertuliskan tuntutan mereka, sambil meneriakan tuntutan mereka.

"Kami meminta pihak pertanahan untuk mencabut diterbitkannya 13 sertifikat di atas lahan yang dimenangkan oleh masyarakat yang bersengketa mulai dari PTUN hingga Mahkamah Agung dan dimenangkan oleh masyarakat pada tahun 2011," tutur Christian Egam selaku juru bicara masyarakat.

Dijelaskannya, tanah yang telah didiami dan digarap oleh ratusan kepala keluarga dalam prosesnya tak kunjung ada kelanjutan dan sikap yang jelas dari pihak kantor pertanahan sehingga masyarakat yang sudah tiga tahun menanti ingin memiliki sertifikat menjadi terkatung-katung.

"Jelas kami kecewa karena tinggal menunggu sikap dan langkah dari Kantor Pertanahan untuk mencabut 13 sertifikat tersebut, kemudian kami masyarakat Erpak eks HGU PT Kinaleosan akan bermohon kepada tim yang dibentuk pemerintah kota agar mengeluarkan sertifikat," tandasnya.

Michael Yacobus satu di antara orator meneriakan tiga tuntutan utama yang harus dilakukan pihak Pertanahan Kota Bitung perihal permasalahan tersebut.

"Pertanahan keluarkan surat pencabutan 13 sertifikat kepemilikan tanah Erpak eks HGU PT Kinaleosan karena keputusan sudah berkekuatan hukum tetap, menerima dan memproses penerbitan tanah yang diduduki masyarakat sepanjang telah memenuhi ketentuan undang-undang, dan proses penerbitan sertifikat atas HGU yang melibatkan masyarakat agar kiranya pertanahan melakukan koordinasi dengan Pertanahan Pusat agar membuat program prona untuk masyarakat," kata Yacobus.

Menariknya dalam aksi unjuk rasa tersebut massa membawakan aksi treatrikal menimbun satu di antara demonstran dengan tanah yang ada di Erpak eks HGU PT Kinaleosan.

Bahkan perwakilan masyarakat dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Bitung Muchlis Setyo Margono SH terlibat adu argumen sebelum dilangsungkan pertemuan di ruang kepala kantor pertanahan. "Kami tetap berdasarkan pada asas hukum, karena hukum di negara ini yang tertinggi, mengenai apa yang diputusakan baik Mahkamah Konstitusi dan Peninjauan Kembali kami akan tindak lanjuti, melalui prosedur surat menyurat dan bukan kewajiban kami akan diajukan melalui kantor wilayah," urai Margono.

Massa yang mendengar penjelasan Margono di depan kantor Pertanahan sempat berang, karena keterangan pihak Pertanahan seakan mengambang dan terkatung-katung penjelasannya.

Tindaklanjuti Tuntutan Massa

Mengenai tuntutan pensertifikatan eks Kinaleosan, menurut Margono, statusnya tanah negara sesuai dengan Kepres nomor 34 tahun 2003 sehingga diatur oleh pemda untuk peruntukannya.

"Kendala kami, bagaimana mau melakukan pensertifikatan, kalau masih ada yang menduduki, jelas kami tetap pro rakyat," kata dia sembari menambahkan untuk program prona setiap tahun meningkat untuk warga ekonomi lemah dan menengah.

"Ada 250 bidang tanah tahun ini telah kami sebarkan di kelurahan-kelurahan di Kota Bitung," tambahnya.

Aksi unjuk rasa yang digelar masyarakat Erpak eks HGU PT Kinaleosan Bitung di kantor Pertanahan Bitung berlanjut hingga ke dalam ruangan kepala kantor Pertahanan Muchlis Setyo Margono SH.

Hadir dalam pertemuan tersebut Christian Egam selaku juru bicara masyarakat, Michael Yakobus dan perwakilan masyarakat, petugas keamanan serta Muchlis Setyo Margono SH didampingi Kepala Seksi Sengketa dan Perkara Pertanahan Heinrich dan Staf Pertanahan Mayheard Mogi.

"Setelah melakukan pembicaraan kami akan menindaklanjuti tuntutan massa sesuai dengan prosedur dalam rentan waktu empat bulan, jika tidak ada halangan," tandas Margono. (*/tm)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: Ribuan Warga Erpak Demo Kantor Pertanahan Bitung
Ribuan Warga Erpak Demo Kantor Pertanahan Bitung
http://2.bp.blogspot.com/-A7sXYX-cuAs/U5lUAKD4-LI/AAAAAAAAAQA/VxMT7e02JNE/s1600/demotanah.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-A7sXYX-cuAs/U5lUAKD4-LI/AAAAAAAAAQA/VxMT7e02JNE/s72-c/demotanah.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2014/06/ribuan-warga-erpak-demo-kantor.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/06/ribuan-warga-erpak-demo-kantor.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy