Otak Lebih Penting Ketimbang Seragam

Siswa SD/Ist MTN.com -Implementasi Kurikulum 2013 merupakan peraturan baru dalam sistem pendidikan di Indonesia. Banyak orang bilang ga...

Siswa SD/Ist
MTN.com-Implementasi Kurikulum 2013 merupakan peraturan baru dalam sistem pendidikan di Indonesia. Banyak orang bilang ganti menteri, ganti peraturan.

Belum semua sekolah telah menerapkan Kurikulum 2013, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) malah mengeluarkan peraturan baru tentang pemakaian seragam sekolah di Indonesia. Peraturan baru yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 45 Tahun 2014, tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah itu tidak disetujui bukan hanya oleh guru, tetapi juga siswa.

Seperti siswa SMK Negeri 59 Jakarta, Bagus Nurullail. Menurutnya,  peraturan tersebut terlalu rumit. "Pendidikan di Indonesia ribet, kebanyakan peraturan. Lebih baik peraturan-peraturan sebelumnya diselesaikan dulu, rapikan dulu, urusi yang lain, jangan seragam sekolah dulu," ujar Bagus kepada wartawan, belum lama ini.

Siswa jurusan Multimedia itu melanjutkan, sebaiknya pemerintah harus memperhatikan perbaikan kualitas guru. Contoh lainnya, di Jakarta saja masih banyak anak-anak yang putus sekolah.

"Lagi pula, sekolah itu kan diutamakan pakai otak. Percuma juga kalau pakai seragam tapi enggak punya perilaku yang baik, sama saja," ujarnya.

Peraturan baru tersebut juga menerangkan, sekolah yang melanggar ketentuan peraturan seragam sekolah baru akan diberikan sanksi. Bagus juga tidak setuju dengan ketentuan tersebut.

"Kalau sekolah kena sanksi, otomatis murid juga kena. Di Indonesia banyak peraturan," ucapnya.

Menurut Bagus, masih banyak anak-anak Indonesia yang butuh sekolah. Jika murid tidak punya uang, bagaimana caranya untuk membeli seragam sekolah baru? Meskipun demikian, Bagus tidak menyangkal bahwa tujuan ketentuyan seragam sekolah baru adalah untuk menanamkan kecintaan terhadap merah putih sebagai identitas diri.

"Tetapi, kalau anak-anak lulus sekolah, seragamnya dicoret-coret. Berarti kita sudah mencoret-coret merah putih sebagai identitas diri. Jadi, saya enggak setuju," ungkapnya.

Bagus menambahkan, rasa nasionalisme itu mulai dari sesama seperti tolong-menolong. Rasa kemanusiaan ada di Pancasila, dan juga dari diri sendiri.  (*)

COMMENTS

Nama

ADVETORIAL Bisnis Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Covid-19 EKONOMI Gorontalo HEADLINE Hiburan HUKRIM Internasional Kotamobagu Lifestyl LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemerintahan Pemuda PENDIDIKAN Peristiwa Politik POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Sosil Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
manadotopnews: Otak Lebih Penting Ketimbang Seragam
Otak Lebih Penting Ketimbang Seragam
http://1.bp.blogspot.com/-VY1KWf8vhRE/U558WRrAW_I/AAAAAAAAAWA/wAke-cLfYZU/s1600/SD.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-VY1KWf8vhRE/U558WRrAW_I/AAAAAAAAAWA/wAke-cLfYZU/s72-c/SD.jpg
manadotopnews
http://www.manadotopnews.com/2014/06/otak-lebih-penting-ketimbang-seragam.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/06/otak-lebih-penting-ketimbang-seragam.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy