KPU Mitra Dinilai Menyimpang Dari Kode Etik

Istimewa Mitra, MTN.com -Terkait aduan dari sejumlah personil PPS dan PPK atas tidak profesionalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah ...

Istimewa
Mitra, MTN.com-Terkait aduan dari sejumlah personil PPS dan PPK atas tidak profesionalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Minahasa Tenggara (Mitra) dalam menangani urusan pembayaran honorer bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang semestinya dilakukan oleh bendahara KPU namun diberikan oleh pihak lain membuat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gema Mitra angkat bicara.

 Viddy Nagntung, Ketua LSM Gema Mitra mengatakan tidak profesionalnya hal tersebut terungkap setelah mereka menerima aduan dari sejumlah personil PPS dan PPK bahwa ada komisioner KPU Mitra yang tampaknya sudah menyimpang dari ketentuan kode etik penyelenggara pemilu.

“Meskipun yang bersangkutan divisi logistik dan umum, menurut kami, tidak sepatutunya komisioner KPU menangani secara langsung urusan dana honorer PPS dan PPK, karena itu tugasnya pihak sekretariat,” tegas Ngantung.

Ditambahkannya, pihak KPU Mitra juga diinformasikan ikut memotong dana honor PPK dan PPS, dengan alasan potongan pajak. Padahal sebagian PPS dan PPK, mengaku honornya sudah dipotong pajak saat menerima honor beberapa waktu lalu.

“Kami beranggapan langkah yang dilakukan komisoner adalah keliru dan tidak boleh terulang lagi,” tegasnya mewanti komisioner KPU Mitra.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Mitra Aske Benu melalui ketua Divisi Data dan Informasi Fivie Masie menjelaskan, bahwa hal itu terjadi karena alasan situasional.

“Ketika itu bendahara berhalangan sakit, sementara pihak KPU telah menjanjikan kepada para PPK dan PPS bahwa hari itu akan dilakukan pembayaran honor. Sebelum rakor DPT, kami sudah informasikan dalam undangan ke PPK dan PPS bahwa akan dilakukan pembayaran honor mereka. Akan tetapi mendadak bendahara sakit, sementara para PPK dan PPS tetap menunggu pembayaran. Terpaksa kami pun siasati dengan menggunakan dana pribadi anggota KPU dan staf sekretariat dengan ketentuan nanti diganti bila bendahara kembali masuk kerja dan saat pembayaran ada staf KPU yang ikut membantu,” jelasnya.

Terkait pemotongan, Masie menjelaskan pihaknya tidak memiliki data pemotongan pajak, maka pemotongan pajak diberlakukan merata kepada semua personil PPK dan PPS, dengan ketentuan nanti dikembalikan apabila ternyata mereka sudah dipotong pajak.

“Jika honor mereka sudah dipotong pajak waktu lalu, maka pasti akan dikembalikan,” tutupnya. (*/om)

COMMENTS

Foto:
Nama

ADVETORIAL Bitung Bolmong Bolmut Bolsel Boltim EKONOMI HEADLINE HUKRIM Internasional Kotamobagu LIFESTYLE Manado Minahasa Minsel Minut Mitra Nasional NusaUtara OLAHRAGA P Pemuda PENDIDIKAN POLITIK dan PEMERINTAHAN S SOSIAL Tomohon Totabuan ZONAPEREMPUAN
false
ltr
item
Media Online: KPU Mitra Dinilai Menyimpang Dari Kode Etik
KPU Mitra Dinilai Menyimpang Dari Kode Etik
http://3.bp.blogspot.com/-lOR8Ln1ruiI/U5lp_xtuV2I/AAAAAAAAAQw/q-hU_s_XXRw/s1600/kpu.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-lOR8Ln1ruiI/U5lp_xtuV2I/AAAAAAAAAQw/q-hU_s_XXRw/s72-c/kpu.jpg
Media Online
http://www.manadotopnews.com/2014/06/kpu-mitra-dinilai-menyimpang-dari-kode.html
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/
http://www.manadotopnews.com/2014/06/kpu-mitra-dinilai-menyimpang-dari-kode.html
true
6331908605545001365
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy